Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe NHT di Kelas IV SD Negeri 22 Lubuk Alung

Marlinda, Eka (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe NHT di Kelas IV SD Negeri 22 Lubuk Alung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_06_EKA_MARLINDA_1108358_504_2018.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan dikelas bahwa pembelajaran IPS kurang menggunakan model-model pembelajaran yang bervariasi yang mengakibatkan motivasi siswa dalam belajar menurun. Bedasarkan pengalaman mengajar peneliti selama ini ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe NHT pada siswa kelas IV SD Negeri 22 Lubuk Alung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, prosedur penelitian meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, 2 kali pertemuan untuk siklus I dan 1 kali pertemuan untuk siklus II. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 22 Lubuk Alung yang berjumlah 25 orang siswa. Hasil penelitian siklus I dari aspek RPPdengan rata-rata 76,7 %, dengan kualifikasi (B) meningkat pada siklus II adalah93% (SB). Sedangkan aktivitas guru pada siklus I diperolehrata-rata74,9% (C) meningkat pada siklus II adalah 95,8% (SB). Penilaian aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 70,6% (C) meningkatpada siklus II diperoleh 87,5% (SB). Penilaian hasil belajar siswa pada ketiga aspek diperoleh rata-rata pada siklus I ( koginitif 71% berkualifikasi cukup; afektif 73% berkualifikasi cukup ; psikomotor 69% berkualifikasi cukup) dan siklus II ( kognitif 87 % berkualifikasi sangat baik ; afektif 86% berkualifikasi sangat baik ; psikomotor 84% berkualifikasi baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Kooperatif learning tipe NHTdi Kelas IV SD Negeri. 22 Lubuk Alung dengan kualifikasi Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:46
Last Modified: 25 Sep 2018 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17360

Actions (login required)

View Item View Item