Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Konvensional dan Perbankan Syariah yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Oktavira, Vivin (2017) Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Konvensional dan Perbankan Syariah yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_VIVIN_OKTAVIRA_1307077_4844_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan antara kinerja keuangan pada bank konvensional dan bank syariah. Kinerja keuangan tersebut dilihat dari lima rasio keuangan, yaitu rasio permodalan (Capital Adequacy Ratio, CAR), rasio likuiditas (Loan to Deposit Ratio, LDR), rasio kualitas aset (Non Performing Loan, NPL), rasio profitabilitas (Return On Asset, ROA), dan rasio efisiensi (Biaya Operasional Pendapatan Operasional, BOPO). Masing-masing rasio dianalisis dengan uji beda dua rata-rata (independent sample t-test). Jenis penelitian ini tergolong ke dalam penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan konvensional dan perbankan syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan total sampel sebanyak 10 bank konvensional dan 10 bank syariah. Jenis data yang digunakan data sekunder yang diperoleh dari situs resmi Bank Indonesia (www.bi.go.id), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan laporan keuangan publikasi pada situs web masing-masing bank yang menjadi sampel tersebut. Berdasarkan hasil uji beda dua rata-rata (independent sample t-test) dengan tingkat signifikansi 0,05; hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan (1) tidak terdapat perbedaan antara kinerja keuangan bank konvensional dan bank syariah dilihat dari rasio permodalan (2)terdapat perbedaan antara kinerja keuangan bank konvensional dan bank syariah dilihat dari rasio likuiditas, dimana bank konvensional lebih baik daripada bank syariah (3) tidak terdapat perbedaan antara kinerja keuangan bank konvensional dan bank syariah dilihat dari rasio kualitas aset (4) terdapat perbedaan antara kinerja keuangan bank konvensional dan bank syariah dilihat dari rasio profitabilitas, dimana bank konvensional lebih baik daripada bank syariah (5) terdapat perbedaan antara kinerja keuangan bank konvensional dan bank syariah dilihat dari rasio efisiensi, dimana bank konvensional lebih baik daripada bank syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Sep 2018 00:38
Last Modified: 05 Sep 2018 00:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16501

Actions (login required)

View Item View Item