Irmansyah, Irmansyah (2012) Kontribusi Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Gambar Autocad Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_2_IRMANSYAH_94118_2012_2759.pdf
Download (1MB)
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga
 pendidikan formal dalam bidang teknik yang merupakan integral dari sistem
 pendidikan teknologi dan kejuruan di Indonesia. Berdasarkan pengamatan penulis di
 SMK N 1 Pariaman, hasil belajar siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan dalam
 mata diklat Gambar Autocad masih rendah atau belum memenuhi standar
 kompetensi.
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi motivasi
 belajar dengan hasil belajar siswa pada mata diklat Gambar Autocad kelas XI SMK N
 1 Pariaman Semester I Jurusan Teknik Gambar Bangunan Tahun Ajaran 2010/2011.
 Populasi penelitian 58 siswa dan sebagai sampelnya diambil sebanyak 49 siswa
 dengan menggunakan teknik Random Sampling.
 Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu motivasi belajar yang merupakan
 variabel bebas (X) dan hasil belajar siswa pada mata diklat gambar autocad yang
 merupakan variable terikat (Y). Penyusunan instrumen penelitian berpedoman pada
 skala Likert. Sebelum digunakan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu
 dilakukan uji coba guna mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen. Analisis
 validitas menggunakan teknik Bivariate Pearson (Korelasi Produk Momen) dan
 reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil analisis reliabilitas
 instumen adalah 0,918 (handal). Hasil analisis yang dilakukan memperlihatkan
 tingkat pencapaian motivasi belajar sebesar 77,61%. Data tersebut berdistribusi
 normal dan linier pada taraf signifikan 0,05.
 Dari analisis korelasi antara variabel X dan Y didapat harga rhitung sebesar
 0,525 > rtabel 0,282 dan dari uji keberartian korelasi diperoleh thitung ≥ ttabel (4,22 >
 2,012) pada taraf signifikansi 0,05. Maka Ho ditolak, artinya ada hubungan yang
 signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata diklat gambar
 autocad. Selanjutnya hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi belajar memberikan
 kontribusi yang signifikan terhadap hasil belajar  siswa pada mata diklat gambar
 autocad sebesar 27,56%. Ini berarti motivasi belajar merupakan salah satu faktor
 penting yang dapat memprediksi dan meningkatkan hasil belajar  siswa pada mata
 diklat gambar autocad
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | 
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 02 Jun 2025 02:50 | 
| Last Modified: | 02 Jun 2025 02:50 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12841 | 
         