Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 06 Duri

Hadi, Hadi (2012) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 06 Duri. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_HADI_51916_6856_2012.pdf] Text
B1_1_HADI_51916_6856_2012.pdf

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mengetahui mana yang lebih baik hasil
belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V sekolah dasar yang diajar dengan
cara pembelajaran inkuiri atau siswa kelas V sekolah dasar yang diajar dengan
cara pembelajaran konvensional. (2) Interaksi antara penggunaan strategi
pembelajaran inkuiri dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V sekolah dasar. (3) Mengetahui
mana yang lebih baik hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V
Sekolah dasar yang mempunyai motivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan
menggunakan pembelajaran inkuiri atau siswa yang mempunyai motivasi belajar
tinggi yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. (4)
Mengetahui mana yang lebih baik hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa
kelas V Sekolah dasar yang mempunyai motivasi belajar rendah yang diajarkan
dengan menggunakan pembelajaran inkuiri atau siswa yang mempunyai motivasi
belajar rendah yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen faktorial (2 x 2). Yang
dilaksanakan pada tahun pelajaran 20ll / 2012 dan data diperoleh melalui tes hasil
belajar dan analisis yang dilakukan menggunakan teknik analisis varian
(ANAVA) dua jalur (2 x 2).
Populasi penelitian ini adalah Seluruh Siswa kelas V Di SD Negeri 6 Duri
dan dibagi menjadi dua kelompok yakni Kelas VA sebagai Kelas Eksperimen dan
kelas VB sebagai kelas kontrol.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil pengujian hipotesis dan
pembahasan hasil penelitian adalah lebih baik hasil belajar Pendidikan Agama
Islam siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri dari
Strategi pembelajaran konvensional. Kedua, tidak terdapat interaksi antara
penggunaan Strategi Pembelajaran baik strategi pembelajaran Inkuiri atau strategi
pembelajaran konvensional dan Motivasi Belajar terhadap hasil belajar
Pendidikan Agama Islam. Ini berarti, pengaruh variable bebas terhadap variable
terikat bersifat independen. Ketiga, berbeda secara signifikan hasil belajar
Pendidikan Agama Islam siswa kelas V Sekolah Dasar yang mempunyai motivasi
belajar tinggi yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran inkuiri dari
siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan
menggunakan pembelajaran konvensional. Keempat, berbeda secara signifikan
hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V Sekolah Dasar yang
mempunyai motivasi belajar rendah yang diajarkan dengan menggunakan
pembelajaran inkuiri dari siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah yang
diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:38
Last Modified: 28 Apr 2025 09:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/8741

Actions (login required)

View Item
View Item