Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang

Walina, Walina (2015) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_WALINA_15978_5061_2015.pdf] Text
final_B1_1_WALINA_15978_5061_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan hal yang penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan pemahaman konsep tersebut dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran. Namun, pembelajaran matematika yang terjadi di kelas VIII SMP Negeri 25 Padang, terlihat bahwa siswa kurang aktif dalam mengkontruksikan konsep dari materi yang dipelajari. Hal ini menyebabkan kemampuan pemahaman konsep siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik, daripada pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 dan VIII.4 SMP Negeri 25 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen dan VIII 4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman konsep matematika.Untuk pengujian hipotesis digunkan uji-U Mann Whitney. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, terlihat bahwa pada taraf nyata � = 0,05 diperoleh P-value = 0,000. Karena P-value<�, maka Ho ditolak atau H1 diterima. Artinya, pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Matematika , pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 17:48
Last Modified: 21 Dec 2025 17:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33839

Actions (login required)

View Item
View Item