Rusdi, Rinto (2011) Hubungan Disiplin Siswa dengan Hasil Belajar Standar Kompetensi Memperbaiki Sistem Rem pada Kelas Xi Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan Pesisir Selatan: Studi Pengembangan Penilaian Disiplin Menggunakan Pedoman Observasi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_RINTO RUSDI-94169-2012.pdf
Download (343kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena di lapangan yang mengindikasikan rendahnya hasil belajar siswa pada mata diklat produktif.Diduga faktor kedisiplinan dalam belajar memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa pada mata diklat produktif tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap hubungan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa khususnya pada standar kompetensi Memperbaiki Sistem Rem. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Terdapat hubungan yang positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar standar kompetensi Memperbaiki Sistem Rem kelas XI Teknik kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan corelational study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan yang terdaftar pada
semester genap SMK N 1 Koto XI Tarusan dengan populasi sebanyak 64 orang.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 39 orang yang diambil dengan cara proporsional random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman observasi yang telah diminta pertimbangan validitasnya oleh beberapa
validitaor, sedangkan hasil belajar siswa diambil dari nilai rekaman guru standar kompetensi Memperbaiki Sistem Rem di SMK N 1 Koto XI Tarusan pada semester genap tahun ajaran 2010/2011. Temuan data diolah dengan menggunakan teknik korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar standar kompetensi Memperbaiki Sistem Rem siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Koto XI Tarusan sebesar
0,64. Dari perhitungan didapatkan z hitung > z tabel, dengan demikian H 0 (hipotesis nol) ditolak dan H a (hipotesis kerja) diterima dan besarnya signifikansikorelasi dari kedua variabel adalah diperoleh (z) = 5,73. Dari temuan penelitian
dapat disimpulkan bahwa variabel Disiplin belajar berkorelasi secara signifikan dengan Hasil Belajar siswa pada standar kompetensi Memperbaiki Sistem Rem.Oleh sebab itu diperlukan peningkatan oleh faktor tersebut, agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik lagi pada masa yang akan datang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 00:46 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 00:46 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27795 |
