Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat dengan Teknik Tri Fokus Steve Snyder Siswa Kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Batusangkar”

Desrina, Ilhami (2011) Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat dengan Teknik Tri Fokus Steve Snyder Siswa Kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Batusangkar”. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ILHAMI_DESRINA_76875_1591_2011.pdf] Text
final_B1_ILHAMI_DESRINA_76875_1591_2011.pdf

Download (644kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga fenomena. Pertama, minat baca siswa masih rendah. Kedua, kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Batusangkar masih rendah. Ketiga, belum efektifnya penerapan teknik membaca cepat siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Batusangkar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan keterampilan membaca cepat siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Batusangkar dengan menggunakan teknik Tri Fokus Steve Snyder Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Berkaitan dengan permasalahan, teori yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut. (1) hakikat membaca, (2) hakikat membaca cepat, (3) pengukuran kecepatan membaca, (4) pendekatan kontekstual, (5) metode Quantum Learning, (6) teknik Tri Fokus Steve Snyder (TFSS), (7) pemebelajaran membaca cepat dalam KTSP. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang termasuk jenis penelitian kualitatif dan dibantu data kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa hasil tes unjuk kerja siswa, lembar observasi, dan lembar angket respon siswa terhadap pembelajaran sebagai instrumen. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat unsur, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi/ pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini dirancang untuk dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali tatap muka. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Batusangkar berjumlah 30 orang. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca cepat dengan penerapan teknik Tri Fokus Steve Snyder pada siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Batusangkar. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata klasikal yang berada pada kualifikasi hampir cukup (53) meningkat menjadi kualifikasi baik (81,59). Hasil observasi kegiatan belajar siswa terhadap pembelajaran membaca cepat dengan teknik Tri Fokus Steve Snyder pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan, yakni dari kualifikasi cukup (64,66) meningkat menjadi kualifikasi baik (84,66). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik Tri Fokus Steve Snyder dalam pembelajaran keterampilan membaca cepat terbukti efektif meningkatkan keterampilan membaca cepat siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Batusangkar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Siswa Kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Batusangkar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:20
Last Modified: 18 Sep 2025 07:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24738

Actions (login required)

View Item
View Item