Refsonilar, Veby (2012) Pengaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Komponen Mesin di Kelas X Jurusan Teknologi Fabrikasi Logam SMK Karya Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_VEBY REFSONILAR_02726_2012_4214.pdf [thumbnail of final_B1_7_VEBY REFSONILAR_02726_2012_4214.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_VEBY REFSONILAR_02726_2012_4214.pdf
Download (480kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa tersedianya fasilitas yang memadai belum mampu menjamin nilai-nilai hasil belajar siswa lebih oktimal jika tidak ditunjang pula dengan strategi pembelajaran yang tepat, sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pembelajaran Komponen Mesin akan memperkaya wawasan dan pengetahuan siswa khususnya dalam bidang pengetahuan bahan, oleh karena itu dalam pembelajarannya harus menggunakan teknik yang tepat agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik pembelajaran Everyone is Teacher Here terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat Komponen Mesin di kelas X TFL SMK Karya Padang Panjang tahun ajaran 2011/2012. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan teknik pembelajaran Everyone is Teacher Here yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini berbentuk kualitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X TFL SMK Karya Padang Panjang berjumlah 115 orang yang terdiri 3 kelas. Teknik pengambilan sampelnya random sampling, yaitu kelas X TFL₁, X TFL₂ dan X TFL3. Sedangkan kelas yang untuk dijadikan sampel adalah kelas TFL₁ dan X TFL₂ masing-masing kelas berjumlah 38 orang Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 30 butir. Alat pengumpul data menggunakan lembar tes dan lembar jawaban siswa. Jenis data dalam penelitian ini berupa hasil belajar siswa dan sumber data nilai siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 81,71 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 70,39. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t tabel 2,000 yaitu lebih kecil dari t hitung 5,809. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan teknik pembelajaran Everyone is Teacher Here memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa serta dapat pula meningkatkan aktivitas belajar siswa secara mandari pada mata diklat Komponen Mesin di kelas X Teknologi Fabrikasi Logam SMK Karya Padang Panjang Tahun ajaran 2011/2012
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Pembelajaran Everyone is Teacher Here, Hasil Belajar Siswa, Komponen Mesin |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Zul Fikri Haikal |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:59 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21594 |