Hubungan Mislabeling dengan Konsep Diri Siswa SMA Negeri 2 Padang Panjang.

Sanjaya, Wiwi (2012) Hubungan Mislabeling dengan Konsep Diri Siswa SMA Negeri 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WIWI_SANJAYA_01323_5839_2012.pdf] Text
B1_5_WIWI_SANJAYA_01323_5839_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Labeling adalah proses pemberian suatu identitas yang diberikan olehseseorang atau kelompok lain atas dasar atribut (ciri-ciri) sosial yang dimiliki.Labeling yang positif diharapkan untuk diberikan pada diri siswa karena dapatmemberikan efek positif terhadap siswa seperti siswa merasa lebih dihargai dantimbulnya rasa percaya diri, namun pada kenyataannya labeling negatif (mislabeling)lebih sering terjadi pada diri siswa misalnya terdapat siswa yang mendapat labelpemalas, peribut dan lain sebagainya, hal ini dapat mempengaruhi diri siswa. Adapunpenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mislabeling dengan konsep diri siswadan hubungan antara mislabeling dengan konsep diri siswa SMA N 2 PadangPanjang.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi yangmendeskripsikan dan mengetahui hubungan antara dua variabel yaitu variabelmislabeling dengan variabel konsep diri. Populasinya adalah seluruh siswa kelas Xdan XI SMAN 2 Padang Panjang dengan total 557 orang. Teknik pengambilansampel menggunakan metode purposive sampling yaitu pengambilan sampelberdasarkan pada maksud dan tujuan penelitian dengan sampel 57 orang yang sesuaidengan kriteria dari tujuan penelitian ini. Pengambilan data dilakukan denganmenggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan skala likert dan ProductMoment pada program komputer Statistical Package for Social Science (SPSS) forWindows Release 17.00.Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) mislabeling yang diberikandirasakan oleh siswa, (2) konsep diri siswa yang mendapat label tergolong rendah dan(3) terdapat hubungan yang signifikan antara mislabeling dengan konsep diri siswa,dengan rxy = - 0,452 dengan sig = 0.000 (sig<0,05). Tanda negatif pada angka 0,452menunjukkan arah hubungan yang negatif.Disarankan kepada guru pembimbing agar dapat membantu pengembangankonsep diri siswa ke arah yang lebih baik dengan memprogram layanan, kegiatan,dan berbagai pendekatan lainnya sesuai kebutuhan siswa dan bekerja sama denganpersonil sekolah lainnya (kepala sekolah, wali kelas dan guru mata pelajara) untukdapat meminimalisir pemberian mislabeling dengan cara tidak memberikanmislabeling kepada siswa meskipun siswa menunjukkan tingkahlaku yang kurangbaik seperti pemalas, peribut dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MISLABELING, KONSEP DIRI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 01 Aug 2025 09:50
Last Modified: 01 Aug 2025 09:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19791

Actions (login required)

View Item
View Item