Fitri, Wilda Zulvina (2015) Pengembangan Bahan Ajar Larutan Penyangga dalam Bentuk Modul Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_WILDA_ZULVINA_FITRI_1101463_4374_2015.pdf [thumbnail of final_B1_7_WILDA_ZULVINA_FITRI_1101463_4374_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_WILDA_ZULVINA_FITRI_1101463_4374_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 untuk semua jenjangpendidikan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Salah satumodel pembelajaran yang sesuai dengan aplikasi pendekatan saintifik adalahdiscovery learning. Salah satu cara untuk menerapkan pendekatan saintifikadalah dengan menyiapkan perangkat pembelajaran seperti bahan ajar. Penelitianini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar kimia dalam bentuk modul berbasispendekatan saintifik untuk materi larutan penyangga yang valid dan praktis.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development(R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahapyaitu (1) define (tahap pendefinisian), (2) design (tahap perancangan), (3) develop(tahap pengembangan) dan (4) disseminate (tahap penyebaran). Penelitian inidibatasi sampai tahap pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakanberupa angket dalam bentuk lembar validitas dan praktikalitas. Lembar validitasdiisi oleh 4 orang dosen kimia dan 3 orang guru kimia. Lembar praktikalitas diisioleh 3 orang guru kimia dan 25 orang siswa kelas XII SMAN 1 Lubuk Alung.Dari hasil uji validitas diperoleh nilai rata-rata momen kappa sebesar 0,74 dengankategori kevalidan tinggi. Hasil uji praktikalitas pada siswa diperoleh nilai rataratamomen kappa sebesar 0,83 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi,sedangkan pada guru diperoleh sebesar 0,72 dengan kategori kepraktisan tinggi.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis pendekatansaintifik untuk materi larutan penyangga ini valid dan praktis, sehingga dapatdigunakan dalam kegiatan pembelajaran kimia kelas XI di SMA/MA.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Pendekatan Saintifik, Discovery Learning, Larutan Penyangga, Penelitian Pengembangan, Model 4-D |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 09:04 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 09:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19375 |