Mandasari, Dilla (2015) Persepsi Siswa Tentang Upaya Guru BK dalam Meningkatkan Minat belajar Siswa di SMA N 1 Lintau Buo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_DILLA_MANDASARI_18019_1910_2015.pdf [thumbnail of B1_5_DILLA_MANDASARI_18019_1910_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_DILLA_MANDASARI_18019_1910_2015.pdf
Download (691kB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi karena masih rendahnya minat belajar siswa diSMA N 1 Lintau Buo. Minat besar pengaruh terhadap belajar, karena bila bahanpelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, siswa tidak akan belajardengan sebaik-baiknya, karena tidak ada daya tarik baginya. Guru BK berperanpenting dalam membantu meningkatkan minat belajar siswa dalam belajar melaluiberbagai macam jenis layanan. Upaya yang yang dilakukan oleh guru BK dapatdiberikan melalui jenis layanan informasi dan layanan penguasaan konten.Dengan adanya layanan yang diberikan diharapkan dapat membantu siswa dalammeningkatkan minat belajar sesuai dengan potensi yang dimiliki. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang upaya guru BKdalam meningkatkan minat belajar di SMA N 1 Lintau Buo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif denganpendekatan deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan kelas XI diSMA N 1 Lintau Buo dengan sampel 86 orang yang dipilih dengan ProportionalRandom Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angketdengan skala Likert. Angket dianalisis dengan teknik persentase.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa persepsi siswa tentang upaya guruBK dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui layanan informasi yangdiberikan oleh guru BK berada pada dua kategori yaitu baik dan kurang baik,sedangkan persepsi siswa tentang upaya guru BK dalam meningkatkan minatbelajar melalui layanan penguasaan konten berada pada kategori kurang baik. Halini berarti secara keseluruhan upaya guru BK dalam meningkatkan minat belajarsiswa berada pada kategori sedangDari hasil penelitian saran yang dapat diberikan kepada guru BK di sekolahadalah hendaknya guru BK meningkatkan proses pembelajaran di sekolah agarsiswa lebih tertarik mengikuti proses pembelajaran yang efektif dan efisien untukmencapai hasil belajar yang optimal dan diharapkan guru BK mampu menyusunprogram pelayanan bimbingan dan konseling yang dapat membantu meingkatkanminat dan motivasi belajar siswa mengikuti pembelajaran aktif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GURU BK, MINAT BELAJAR |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 02:34 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 02:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14261 |