Ningsih, Fina (2013) Peningkatan Sosial Emosional Anak melalui Permainan Balok di PAUD Permata Bunda Laban Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_FINA_NINGSIH_98866_142_2013.pdf [thumbnail of B1_4_FINA_NINGSIH_98866_142_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_FINA_NINGSIH_98866_142_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kecerdasan sosial emo- sional anak usia dini di PAUD Permata Bunda. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengambarkan kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama melalui permainan balok di PAUD Permata Bunda Laban, 2) Mengambarkan kemampuan sosial emosional dalam menunggu giliran melalui permainan balok di PAUD Permata Bunda Laban, 3) Mengambarkan kemampuan sosial emosional dalam sikap bertoleransi melalui permainan balok di PAUD Permata Bunda Laban, 4) Mengambarkan kemampuan sosial emosional dalam meningkatkan sikap percaya diri melalui permainan balok di PAUD Permata Bunda Laban. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaku- kan di kelas cerdas dengan jumlah anak 16 orang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian mengambarkan bahwa sosial emosional anak usia dini di PAUD Permata Bunda terlihat anak-anak dapat bekerjasama melalui pengalaman permainan balok, anak-anak dapat belajar untuk menunggu giliran dan menghar- gai teman dalam bermain balok, dapat melatih anak dalam aspek bertoleransi serta melatih untuk rukun dengan teman melalui permainan balok, dapat meningkatkan rasa percaya diri, harga diri, dan bangga akan hasil ciptaannya melalui permainan balok. Saran yang dapat dikemukakan dalam upaya meningkatkan kemampuan sosial emosional anak diharapkan kepada guru untuk dapat menggunakan permai- nan balok untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak. Untuk me- ningkatkan kemampuan anak dalam bekerjasama, menunggu giliran, toleransi dan percaya diri diharapkan lebih dikembangkan terutama dalam menggunakan permainan balok, kepada guru anak usia dini agar lebih kreatif dan inovatif dalam merancang membangun permainan balok sehingga anak bersemangat dalam belajar, kepada peneliti selanjutnya agar meneliti lebih mendalam tentang kegiatan bermain balok untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 23 May 2025 08:21 |
Last Modified: | 23 May 2025 08:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12041 |