Putra, Riko Sapta (2013) Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar di Panti Asuhan Wira Lisna Mata Air Padang. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_7_RIKO_SAPTA_PUTRA_57729_3743_2013.pdf [thumbnail of B1_7_RIKO_SAPTA_PUTRA_57729_3743_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_7_RIKO_SAPTA_PUTRA_57729_3743_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Makalah ini dibahas tentang pemanfaatan perpustakaan sebagai sumberbelajar di Panti Asuhan Wira Lisna Mata Air Padang. Kajian ini bertujuan untukmendeskripsikan: (1) pemanfaatan Perpustakaan sebagai sumber belajar di Pantiasuhan Wira Lisna, (2) kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan Perpustakaansebagai sumber belajar di Panti Asuhan Wira Lisna dan (3) upaya apa saja yangdilakukan perpustakaan Panti Asuhan Wira Lisna dalam menyediakan sumberbelajar. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara di PerpustakaanPanti Asuhan Wira Lisna. Analisis data yang dilakukan secara deskriptif.Simpulan yang dapat dikemukakan dari hasil penelitian ini adalah sebagaiberikut: pertama Pemanfaatan perpustakaan pada anak didik di Panti AsuhanWira Lisna Mata Air Padang belum dimanfaatkan secara maksimal, hal ini karenapustakawan yang kurang berorintasi dalam membangun minat baca anak didik,dari segi koleksi buku-buku yang dimiliki oleh anak didik kurang lengkap kurangup-date. Koleksi hanya terdiri dari buku-buku lama, tidak ada pembaharuanterhadap jenis koleksi yang dimilikinya. Hal ini menjadi penyebab sehinggaperpustakaan kurang dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Selain itu belum adakemauan yang ada pada diri anak didik untuk keperpustakaan, dari sebagaiananak didik SD, SMP dan SMA lebih suka memakai dengan teknologi yangcendrung membawa dampak negatif bagi anak didik; kedua kendala yangdihadapi dalam pemanfaatan perpustakaan di Panti Asuhan Wira Lisna adalah: (1)perpustakaan tidak di kelolah secara professional, sehingga pemustaka tidakmengetahui pentingnya perpustakaan sebagai sumber belajar bagi anak. (2),kurangnya jumlah koleksi bahan bacaan di perpustakaan Panti Asuhan Wira Lisnasehingga pemustaka tidak memanfaatkan perpustakaan karena bahan pustakanyatidak bisa memenuhi kebutuhan pemustaka; (3) upaya yang dilakukan dalampemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar adalah sebagai berikut:(1)diadakannya pembaharuan terhadap koleksi-koleksi di perpustakaan PantiAsuhanWira Lisna; (2) membuka dan mengarahkan anak didik ke perpustakaansebagai pedoman pembelajaran, selain itu juga merancang program perpustakaansebagai taman ruang baca. dan (3), meningkatkan sarana dan prasarana diperpustakaan Asuhan Wira Lisna, (4) menambah dan meningkatkan sumber dayamanusia di perpustakaan Panti Asuhan Wira Lisna.
Item Type: | Thesis (Diploma/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN, SUMBER BELAJAR |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan-D3 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 10 May 2025 00:42 |
Last Modified: | 10 May 2025 00:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10569 |