Pengaruh Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Terhadap Peningkatan UMKM dengan Menggunakan Model TQM di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dharmasraya

Fadila, Amelia (2024) Pengaruh Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Terhadap Peningkatan UMKM dengan Menggunakan Model TQM di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_AMELIA _FADILA_20234063_4305_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan perpusakaan berbasis inklusi sosial di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dharmasraya, peningkatan UMKM dengan menggunakan model TQM di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dharmasraya, dan pengaruh layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial terhadap peningkatan UMKM dengan menggunakan model TQM di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variael inklusi sosial (X) dan variabel peningkatan UMKM (Y). Populasi penelitian ini adalah pelaku UMKM dan narasumber/peserta yang pernah mengikuti program kegiatan pelatihan inklusi sosial di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dharmasraya sebanyak 378 orang. Sampel diambil sebanyak 80 menggunakan rumus Slovin dengan presisi 10%. Teknik yang digunakan yaitu simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji korelasi, uji linearitas, uji T, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) layananan perpustakaan berbasis inklusi sosial di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dharmasraya memiliki skor rata-rata total yaitu sebesar 4,62. Hal ini menandakan skor tesebut termasuk dalam kategori sangat baik. Meskipun sebagian besar inklusi sosial sangat baik, perlu adanya kerjasama antara pihak perpustakaan dengan pelaku UMKM yang memiliki skala lebih kecil dibandingkan pelaku UMKM yang sudah dikenal luas oleh masyarakat; (2) peningkatan UMKM dengan menggunakan model TQM di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dharmasraya memiliki skor rata-rata total yaitu sebesar 3,23. Hal ini menandakan skor tesebut termasuk dalam kategori cukup baik. Meskipun pelaku UMKM cukup baik, masih dibutuhkan pelaku UMKM yang memiliki skala lebih kecil agar mengalami peningkatan penjualan; (3) pengaruh layanan perpuskaan berbasisis inklusi sosial terhadap peningkatan UMKM dengan menggunakan model TQM di Dinas Perpusakaan dan Kearsipan Kabupaten Dharmasraya. Layanan inklusi sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan UMKM. Variabel inklusi sosial (X) memberikan pengaruh terhadap peningkatan UMKM (Y) sebesar 59,7% sedangkan sisanya sebesar 40,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNabila, JeihanUNSPECIFIED
CorrectorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Oct 2024 08:40
Last Modified: 25 Oct 2024 08:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54793

Actions (login required)

View Item View Item