Hubungan Kebiasaan Berbagi dengan Keakraban Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Talaok Pesisir Selatan

Putri, Hesti Dinda (2024) Hubungan Kebiasaan Berbagi dengan Keakraban Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Talaok Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_HESTI_DINDA_PUTRI_19022014_4206_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah yang ditemukan di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Talaok Pesisir Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara kebiasaan berbagi dengan keakraban anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Talaok Pesisir Selatan. Hal ini terlihat bahwa kebiasaan berbagi di TK tersebut sudah berkembang cukup baik serta keakraban yang terjalin antar sesama anak sudah terjalin dengan sangat baik. Untuk itu peneliti ingin mengetahui seberapa besar hubungan antara kebiasaan berbagi dengan keakraban anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Talaok Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Talaok Pesisir Selatan yang terdiri dari 4 kelas, yaitu, kelas B1 sampai dengan kelas B4. Penelitian ini dilakukan mulai dari tanggal 31 Juli sampai dengan tanggal 12 Agustus 2023. Uji prasyarat analisis yaitu menggunakan uji normalitas dan uji linearitas, uji normalitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Kolmogorov-smirnov dan berdasarkan hasil uji normalitas pada variabel kebiasaan berbagi diperoleh hasil 81.47 pada mean dan 6.403 untuk nilai Std.Deviation, berdasarkan hasil data tersebut, diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) untuk variabel x dan y > 0,05 maka dapat dinyatakan data sudah berdistribusi normal. Sedangkan uji linearitas diperoleh nilai Deviation from Linearity Sig. sebesar 0,223 > 0,05 maka dapat dinyatakan terdapat hubungan yang linear antara variabel x dan y. Instrumen penelitian ini adalah kuisioner kebiasaan berbagi dan keakraban anak yang diisi oleh seluruh guru yang mengajar di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Talaok Pesisir Selatan, yang telah dilakukan uji validasi dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh keterangan bahwa terdapat hubungan signifikan antara kebiasaan berbagi dengan keakraban anak dengan koefisien sebesar 737, dengan nilai Sig.(2- tailed) 0,01 dengan Pearson Correlation sebesar 1. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan kebiasaan berbagi dengan keakraban anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Talaok Pesisir Selatan memiliki hubungan yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWirman, AsdiUNSPECIFIED
CorrectorZulminiati, ZulminiatiUNSPECIFIED
CorrectorAnggraini, ViviUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:56
Last Modified: 25 Oct 2024 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54786

Actions (login required)

View Item View Item