Hubungan Antara Kebutuhan Belajar dengan Partisipasi Anggota pada Program Kelompok Wanita Tani di Kabupaten Pesisir Selatan.

Putri, Ulfa Vilma (2024) Hubungan Antara Kebutuhan Belajar dengan Partisipasi Anggota pada Program Kelompok Wanita Tani di Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_4_ULFA_VILMA_PUTRI_19005100_6120_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilihat belakangi oleh rendahnya partisipasi kelompok wanita tani cahaya gurami Lakuak di Kabupaten Pesisir Selatan, hal ini diduga ada kaitannya dengan kebutuhan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menggambarkan kebutuhan belajar peserta pada program kelompok wanita tani di Kabupaten Pesisir Selatan (2) Menggambarkan partisipasi anggota pada program kelompok wanita tani di Kabupaten Pesisir Selatan (3) Untuk melihat hubungan kebutuhan belajar dengan partisipasi amggota pada program kelompok wanita tani di Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasioanal. Populasi penelitian ini adalah anngota kelompok wanita tani cahaya gurami Lakuak Nagara Kambang Barat yang berjumlah 20 orang. Sedangkan sampel diambil dari keseluruhan pada populasi yang dinamakan dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan persentase dan rank order. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kebutuhan belajar peserta pada program kelompok wanita tani di Kabuapten Pesisir Selatan dikategorikan rendah. (2) Partisipasi anggota pada program kelompok wanita tani di Kabupaten Pesisir Selatan dikategorikan rendah. (3) Hasil pengelolaam data memperlihatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebutuhan belajar dengan partisipasi pada program kelompok wanita tani di Kabuapaten Pesisir Selatan, hal ini dibuktikan dan didapatkan bahwa hasil rhitung lebih besar dari pada rtabel. Saran dalam penelitian ini, diharapkan kepada pembina/penyuluhan pertanian lapangan (PPL) agar dapat memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta sehingga dapat mendukung kegiatan program/pembelajaran yang lebih baik dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorSyuraini, SyurainiUNSPECIFIED
CorrectorAini, WirdatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BELAJAR, PARTISIPASI, WANITA
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Oct 2024 10:23
Last Modified: 22 Oct 2024 10:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54699

Actions (login required)

View Item View Item