Sepriasa, Rani
(2024)
Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Kontekstual Menggunakan Liveworksheet pada Materi Badan Usaha Fase F di SMA Negeri 1 Padang Sago.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir peserta didik yang tidak optimal serta peserta didik belum bisa belajar mandiri sesuai tuntutan kurikulum. Hal ini dikarenakan LKPD yang digunakan masih LKPD konvensional yang menoton dan soal-soal masih bersifat hafalan sehingga peserta didik kurang minat untuk belajar. Peserta didik yang merupakan pengguna aktif gadget saat ini tentu membutuhkan pembelajaran yang interaktif yang dapat menarik minat belajar peserta didik. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan E-LKPD berbasis pendekatan kontekstual menggunakan liveworksheet untuk mengatasi permasalahan ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis pendekatan kontekstual menggunakan liveworksheet yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran.Jenispenelitian yang digunakanadalah R&D (Research and Development)denganpendekatankualitatif,kuantitatif dan eksperimen.Model pengembangan yang digunakanadalah model ADDIE yang terdiridari5tahapanyaituanalysis, design, development, implementation, evaluation.
HasilpengembanganE-LKPD berbasis pendekatan kontekstual menggunakan liveworksheet pada materi badan usaha diperolehnilai rata-rata validasi sebesar 97,35% daridua orang validator dengan kriteriasangat valid. KemudianE-LKPD yang sudahpenelitikembangkandiperolehnilai rata-ratakepraktisan91,88% berada pada kriteriasangat praktisdanE-LKPD yang sudah peneliti kembangkan efektif digunakan karena ada terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan LKPD Konvensional dengan peserta didik yang menggunakan E-LKPD menggunakan liveworksheet
Actions (login required)
|
View Item |