Winuza, Agung Oktaviandres
(2023)
Video Promosi Nasi Sala Kuliner Khas Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Sala lauak adalah makanan khas Kota Pariaman yang berbahan dasar dari adonan daging ikan yang dihaluskan dan dicampur tepung. Adonan tersebut kemudian dibentuk menjadi gumpalan sebesar ibu jari dan digoreng. Sala ini biasa dimakan dengan nasi dan campuran lauk lainnya yang disebut dengan Nasi Sala. Nasi Sala merupakan makanan khas Kota Pariaman yang merupakan salah satu kekayaan kuliner masyarakat Kota Pariaman. Namun, sebagian besar wisatawan maupun masyarakat banyak yang belum mengenal nasi sala dan belum adanya promosi dalam bentuk media promosi audio visual yang digunakan untuk mengenalkan nasi sala kepada masyarakat secara umum. Perancangan video promosi ini dengan tujuan mendapatkan suatu rancangan video promosi yang kreatif, komunikatif dan menarik, sehingga mampu memberikan infomasi dan menjangkau target penonton yang luas dengan menggugah video di media sosial. Metode yang digunakan dalam perancangan video promosi Nasi Sala ini adalah metode Glass box berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada wisatawan dan salah satu pemilik warung Nasi Sala. Metode analisis data yang digunakan dalam perancangan video promosi ini menggunakan metode 5W + 1H yaitu, what (apa), who (siapa), where (dimana), why (mengapa), when (kapan), dan how (dimana). Hal ini dilakukan karena dapat mengoptimalkan segi promosi yang mendukung serta meminimalisir segi negatif yang menghamba dalam proses perancangan. Hasil dari perancangan video promosi ini terbagi menjadi dua yaitu media utama berupa video dan media pendukung yaitu poster, spanduk (x banner), stiker, totebag, mug, baju kaos, celemek (apron).
Actions (login required)
|
View Item |