Afrimaliza, Tika
(2024)
Implementasi Reformasi Pelayanan Publik di Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Reformasi pelayanan publik adalah salah satu tujuan dari Grand Design
Reformasi Birokrasi 2010-2025. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui
bagaimana implementasi reformasi pelayanan publik di Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan. Metode kualitatif dengan pendekatan
deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data penelitian
yakni dari wawancara yang mendalam pada informan, informan berasal dari aparat
pemerintah di Disdikbud Pessel serta masyarakat pengguna layanan, kemudian
melalui studi dokumentasi dan observasi. Data tersebut dianalisis melalui teknik
mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Kemudian dilakukan pengabsahan data dengan teknik triangulasi metode dan
triangulasi sumber. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Disdikbud Pessel telah
melaksanakan reformasi pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi digital
seperti menggunakan aplikasi Srikandi, memanfaatkan website dinas, dan membuat
program Pronasa. Disdikbud Pessel juga melakukan upaya pemenuhan standar
pelayanan yang diamanatkan oleh Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 15 Tahun
2014 tentang pedoman standar pelayanan. Namun berdasarkan peraturan tersebut
prinsip pelayanan publik seperti sederhana, partisipatif, akuntabel, berkelanjutan,
transparansi dan keadilan belum sepenuhnya maksimal karna masih terdapat
kekurangan dan menghadapi berbagai kendala.
Actions (login required)
|
View Item |