Peranan Stakeholders dalam Mengatasi Dampak Pernikahan Dini di Nagari Muaro Sakai Inderapura, Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan

Agustina, Tricilia (2024) Peranan Stakeholders dalam Mengatasi Dampak Pernikahan Dini di Nagari Muaro Sakai Inderapura, Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Tricilia_Agustina_20042287_6854_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan terkait dengan peranan stakeholders dalam mengatasi dampak pernikahan dini yang ada di daerah Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif di lokasi Nagari Muaro Sakai Inderapura, Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir selatan. Data dikumpulkan dengan wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa peranan stakeholders dalam mengatasi dampak pernikahan dini di Nagari Muaro Sakai Inderapura, dilakukan beberapa upaya yaitu membuat kebijakan pencegahan dampak pernikahan dini, pelayanan administrasi pernikahan, melakukan koordinasi dan memfasilitasi dalam kegiatan sosialisasi penyuluhan pencegahan dampak pernikahan dini. Namun demikian pencegahan dampak pernikahan dini di Nagari Muaro Sakai Inderapura belum terlaksana dengan optimal karena terdapat beberapa permasalahan dalam pelaksanaannya. Permasalahan tersebut misalnya, pembuatan kebijakan pencegahan dampak pernikahan dini belum optimal, stakeholders terkait mengalami kesulitan dalam melakukan pelayanan administrasi pernikahan, dan belum semua masyarakat yang mendapatkan sosialisasi pencegahan dampak pernikahan dini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peranan stakeholders masih belum optimal dalam mengatasi dampak pernikahan dini. Adapun faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor pendukung sumber daya yang mencukupi. Faktor penghambat peran Stakeholders dalam mengedukasi dampak pernikahan dini terhadap masyarakat belum optimal dan adanya dispensasi nikah sebagai jalan memperlancar menikahkan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYusran, RahmadaniUNSPECIFIED
CorrectorMubarak, AdilUNSPECIFIED
CorrectorSyamsir, SyamsirUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Oct 2024 04:09
Last Modified: 17 Oct 2024 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54574

Actions (login required)

View Item View Item