Sintesis dan Karakterisasi Kuantum Dot Mangan Selenium (MnSe) sebagai Luminofor untuk Luminescent Solar Concentrator (LSC)

Sihombing, Yolanda Augesta (2024) Sintesis dan Karakterisasi Kuantum Dot Mangan Selenium (MnSe) sebagai Luminofor untuk Luminescent Solar Concentrator (LSC). Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_08_YOLANDA_AUGESTA_SIHOMBING_20036131_5548_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kuantum dot (KD) Mangan Selenium (MnSe) memiliki beberapa sifat yang menarik antara lain sifat optiknya yang istimewa,beberapa diantaranya memiliki spektrum serapan yang luas, respon pendaran terang dengan lebar garis yang sempit dan memiliki eksitasi tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mensintesis KD MnSe dengan menggunakan metode refluks. Hasil karakterisasi UV-Vis menunjukkan puncak serapan maksimum pada panjang gelombang 228 nm. Photoluminesence mengindikasikan puncak serapan maksimum pada panjang gelombang 472 nm dan menghasilkan nilai band sebesar 2,63 eV yang menandakan KD MnSe bersifat semikonduktor. Struktur kristal yang didapatkan pada pengukuran XRD yaitu Face Centered Cubic (FCC). Komposisi yang dihasilkan dari pengukuran XRF menunjukkan bahwa telah terbentuk MnSe. Pengaplikasian KD MnSe sebagai Luminescent Solar Concentrator (LSC) didapatkan puncak serapan maksimum sebesar 473 nm dengan penyinaran laser 405 nm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBeri, DeskiUNSPECIFIED
CorrectorAmran, AliUNSPECIFIED
CorrectorSanjaya, HaryUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KD MnSe, UV-Vis, LSC KD MnSe
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Oct 2024 08:22
Last Modified: 16 Oct 2024 08:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54570

Actions (login required)

View Item View Item