Inokulasi Jamur Endofitik yang Berasosiasi dengan Tumbuhan Daun Putat (Planchonia valida) Serta Uji Fitokimia dan Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etil Asetatnya

Srihayuni, Srihayuni (2024) Inokulasi Jamur Endofitik yang Berasosiasi dengan Tumbuhan Daun Putat (Planchonia valida) Serta Uji Fitokimia dan Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etil Asetatnya. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_08_SRIHAYUNI_20036075_5640_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jamur endofitik adalah mikroorganisme yang tinggal di dalam jaringan tumbuhan tanpa membahayakan inangnya. Salah satu tanaman yang berpotensi menjadi inang jamur endofitik adalah daun putat (Planchonia valida), yang mengandung metabolit sekunder dan menghasilkan senyawa bioaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan isolat tunggal jamur endofitik dan mengetahui kandungan metabolit sekunder serta aktivitas antibakterinya. Metode penelitian meliputi isolasi jamur endofitik dari daun Planchonia valida, kultivasi jamur endofitik pada media nasi, dan ekstraksi jamur endofitik menggunakan etil asetat. Ekstrak etil asetat dari jamur endofitik daun Planchonia valida diuji untuk kandungan metabolit sekunder, FTIR, dan aktivitas antibakteri. Hasil isolasi dari daun Planchonia valida menghasilkan isolat jamur endofitik dengan kode DPP. Pengamatan mikroskopis jamur endofitik dari jamur DPP menunjukkan bahwa jamur ini memiliki hifa yang tidak bersekat. Uji ekstrak etil asetat dari isolat DPP menunjukkan positif mengandung senyawa steroid dan terpenoid, serta spektrum FTIR menunjukkan adanya gugus geminal dimetil. Ekstrak isolat DPP juga menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap bakteri uji S. aureus dan E. coli pada konsentrasi 10%, 30%, dan 50%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRiga, RigaUNSPECIFIED
CorrectorNasra, EdiUNSPECIFIED
CorrectorSuyani, OktaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Antibakteri, Jamur Endofitik, Planchonia valida
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Oct 2024 08:22
Last Modified: 16 Oct 2024 08:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54569

Actions (login required)

View Item View Item