Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 Menggunakan Media Papan Pintar pada Disabilitas Intelektual Ringan Kelas III SDLB (Penelitian Tindakan Kelas III di SLB Negeri Muaro Jambi, Provinsi Jambi).

Adriansyah, Febri (2024) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 Menggunakan Media Papan Pintar pada Disabilitas Intelektual Ringan Kelas III SDLB (Penelitian Tindakan Kelas III di SLB Negeri Muaro Jambi, Provinsi Jambi). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_2_FEBRI_ADRIANSYAH_23003242_5128_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siswa disabilitas intelektuanringan memiliki intelektual atau kecerdasan di bawah rata-rata dan ketidak cakapan dalam interaksi sosial. Selain itu mereka juga memiliki karakter mudah bosan, keterlambatan dalam berpikir, tingkat konsentrasi rendah, serta memerlukan pembelajaran yang konkrit dan menarik agar dapat melatih kemampuan yang mereka miliki. Dalam pembelajaran konsep dasar matematika perlu dilibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar, baik secara mental, sosial, maupun fisik. Hadirnya pembelajaran dengan nuansa yang menyenangkan, aktif dan dapat menarik minat belajar siswa menjadi penting adanya agar tujuan tercapai dan pembelajaran bermakna. Selain itukarakteristik siswa sekolah dasar adalah senang bergerak, senang bermain, dan senang melakukan secara langsung.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui bagaimana proses meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 disabilitas intelektual ringan melalui media papan pintardanuntuk mengetahi apakah penggunaan media papan pintar dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 bagi siswa disabilitas intelektual ringan kelas III SLB Negeri Muaro Jambi. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada siswadisabilitasintelektualringan kelas III di SLB Negeri Muaro Jambi menggunakan media papan pintar. Penelitian ini dilakukan dengan berkolaborasi dengan guru kelas III. Seluruh kegiatan penelitian tergabung ke dalam beberapa proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan pada siswadisabilitasintelektual ringan untuk tingkat kelas III SLB Negeri Muaro Jambi sebanyak 2 orang siswa dengan inisial RF dan WD yang memiliki tingkat kemampuan mengenal bilangan rendah. Penelitian terbagi kedalam 2 siklus yang pada tiap siklus terdapat empat tahapan dan 4 kali pertemuan pada setiap siklusnya. Dari hasil penelitian yang diperoleh peningkatan kemampuan mengenal bilangan. Pada kondisi awal RF 33% dan WD16%. Pada siklus I terjadi peningkatan RF 58,3% dan WD 41,6%. Penelitiandilanjutkan pada siklus II dan terjadipeningkatanyaitu RF memperoleh 83,3%, dan WD memperoleh 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
CorrectorEfrina, ElsaUNSPECIFIED
CorrectorBudi, BudiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PAPAN PINTAR, BILANGAN, PRESTASI BELAJAR
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BH Aesthetics
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:52
Last Modified: 16 Oct 2024 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54539

Actions (login required)

View Item View Item