Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA di Kota Padang Setelah Masa Pembelajaran Daring (Studi Kasus : pada Guru SMA Negeri 7 Padang)

Chandra, Mia Ayumi (2024) Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA di Kota Padang Setelah Masa Pembelajaran Daring (Studi Kasus : pada Guru SMA Negeri 7 Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_MIA_AYUMI_CHANDRA_17058027_7455_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sejak terjadinya pandemic covid-19 mengakibatkan perubahan pada sistem pendidikan di Indonesia, salah satunya perubahan sistem belajar menjadi daring. Akibatnya hal ini menimbulkan beberapa permasalahan yaitu sulitnya siswa beradaptasi hingga menyebabkan terjadinya penurunan motivasi belajar yang terus berlanjut hingga saat ini. Oleh karena itu, penelitian ini ingin melihat bagaimana Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Di Kota Padang Setelah Masa Pembelajaran Daring. Penelitian ini dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah informan sebanyak 10 orang yang terdiri dari kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, guru pengajar dan beberapa siswa. teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung ke sekolah SMAN 7 Padang, mewawancarai informan dilapangan dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait permasalahan yang peneliti hadapi dan melakukan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model milles dan huberman. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Penelitian ini dianalisis dengan teori structural fungsional Talcott Parson dengan skema AGIL (Adaptation, goal, integrity, and latency). Teori ini memandang masyarakat sebagai suatu kesatuan sistem yang berfungsi satu sama lain. Jika salah satu sistem dalam masyarakat tidak berfungsi dengan baik, maka sistem yang lainnya akan bermasalah. Hasil penelitian ini menunjukan Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Di Kota Padang Setelah Masa Pembelajaran Daring terdapat empat strategi yaitu, Mengoptimalkan implementasi kurikulum merdeka pada proses pembelajaran, Mengoptimalkan kerjasama dengan orang tua siswa, Memberikan dorongan terkait pentingnya belajar, Memberi apresiasi siswa dalam bentuk nilai dan pujian pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFernandes, RenoUNSPECIFIED
CorrectorNora AN, DesriUNSPECIFIED
CorrectorFebriani, Eka AsihUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PANDEMI COVID-19, MOTIVASI BELAJAR, STRATEGI GURU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:43
Last Modified: 16 Oct 2024 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54537

Actions (login required)

View Item View Item