Pengembangan Media Infografis Interaktif Berbasis Canva untuk Membantu Siswa Mengidentifikasi Keterampilan Berpikir Kausalitas pada Pembelajaran Sejarah di SMK

Kartikasari, Intan Putri (2024) Pengembangan Media Infografis Interaktif Berbasis Canva untuk Membantu Siswa Mengidentifikasi Keterampilan Berpikir Kausalitas pada Pembelajaran Sejarah di SMK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_INTAN_PUTRI_KARTIKASARI_20046131_7349_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan bermula dari permasalahan di SMK N 1 Pulau Punjung terkait kurangnya inovasi media pembelajaran berbasis teknologi yang selaras dengan ketentuan Kurikulum Merdeka, belum adanya media pembelajaran yang bisa melatih peserta didik untuk berpikir kausalitas, dan rendahnya pemahaman peserta didik dalam mengidentifikasi konsep kausalitas dalam peristiwa sejarah yang termasuk salah satu bagian dari keterampilan historical thinking yang harus dimiliki siswa. Dari permasalahan diatas, maka diperlukan inovasi media pembelajaran yang berbasis teknologi dan dapat melatih siswa untuk berpikir kausalitas dalam peristiwa sejarah, salah satunya dengan menggunakan media infografis interaktif. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan terdiri atas 4 tahap pengembangan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Instrumen penelitian disusun meliputi lembar angket yang terdiri dari lembar validitas ahli materi, lembar validitas ahli media, dan lembar praktikalitas untuk guru dan siswa. Penerapan media infografis interaktif dilakukan kepada siswa kelas Fase F Kelas XI AKL 1 di SMK N 1 Pulau Punjung. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yang diperoleh dari pengukuran skala, yaitu Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media infografis interaktif di rancang dengan menggunakan Canva dan aplikasi Medium (2) kelayakan media infografis interaktif secara garis besar berada pada kategori sangat layak dan mampu membantu siswa mengidentifikasi keterampilan berfikir kausalitas pada pembelajaran sejarah (3) Praktikalitas media infografis interaktif secara keseluruhan pada kategori sangat praktis dan (4) Efektivitas media infografis interaktif berada pada ketegori efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOfianto, OfiantoUNSPECIFIED
CorrectorHastuti, HeraUNSPECIFIED
CorrectorKarima, Elfa MichelliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, INFOGRAFIS INTERAKTIF, KETERAMPILAN BERPIKIR KAUSALITAS, HISTORICAL THINKING
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Oct 2024 07:53
Last Modified: 15 Oct 2024 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54532

Actions (login required)

View Item View Item