Nabila, Ainatul
(2024)
Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based
Learning Pada materi Struktur Atom.
Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract
Penelitian ini menghasilkan bahan ajar berupa LKPD Berbasis Problem Based
Learning pada Materi Struktur Atom Fase E SMA. Hasil pengembangan bahan ajar
yang telah dirancang diuji kevalitannya dan kepraktisannya untuk memenuhi syarat
sebuah LKPD. Penelitian pengembangan LKPD ini menggunakan jenis R&D
(Research and Development), dengan model 4-D. Model 4-D ini memiliki 4 tahap,
yaitu: (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan
(develop), dan (4) penyebaran (disseminate). Tahap pengembangan ini hanya
dilakukan sampai pada tahap develop. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa
angket validasi dan serta angket kepraktisan. Validasi dilakukan oleh 5 orang validator
yang terdiri dari 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia SMAN 15
Padang. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia SMAN 15 Padang dan
peserta didik fase E SMAN 15 Padang. Pengujian LKPD ini akan menghasilkan data
yang akan dianalisis dengan menggunakan rumus Aiken's V. Berdasarkan hasil analisis
dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dihasilkan merupakan produk bahan ajar yang
dikategorikan valid berdasarkan nilai V sebesar 0,86. Pengujian kepraktisan diperoleh
hasil data berupa nilai NP dari guru dan peserta didik sebesar 90% dan 91% yang
dikategorikan dalam kategori sangat praktis.
Actions (login required)
|
View Item |