Hubungan Kepercayaan Diri dengan Hardiness dalam Belajar dan Implikasi dalam Pelayanan Konseling.

Zalma, Ega Fitria (2024) Hubungan Kepercayaan Diri dengan Hardiness dalam Belajar dan Implikasi dalam Pelayanan Konseling. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_5_EGA_FITRIA_ZALMA_20006136_4335_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan sudah lebih tinggi yang membuat persaingan individu menjadi lebih ketat, waktu maupun beban pelajaran semakin bertambah, ketidakmampuannya beradaptasi dengan program di sekolah dapat mengakibatkan ketahanan (hardiness) yanga sangat berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kepercayaan diri siswa dalam belajar; 2) hardiness siswa dalam belajar; 3) menguji hubungan kepercayaan diri dan hardiness siswa dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah 272 siswa SMP N 29 Padang yang dipilih dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Data yang diperoleh dengan cara memberikan instrumen penelitian berupa angket kepercayaan diri dan hardiness kepada siswa yang sudah diuji validitas dengan rumus pearson correlation (0,320) dan uji reliabilitas dengan rumus cronbach alpha (0,929) kepada mahasiswa. Untuk pengolahan data menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepercayaan diri siswa dalam belajar secara umum berada pada kategori sedang (47,1%); 2) Hardiness siswa dalam belajar berada pada kategori sedang (50,4%); 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan hardiness siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, konselor dapat memberikan bantuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan hardiness siswa dalam belajar berupa layanan informasi, layanan penguasaan konten, layanan konseling individual dan layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
CorrectorZikra, ZikraUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, Puji GusriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEPERCAYAAN DIRI, HARDINESS BELAJAR, BIMBINGAN DAN KONSELING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Oct 2024 08:33
Last Modified: 14 Oct 2024 08:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54501

Actions (login required)

View Item View Item