Pengaruh Tanggapan Pemustaka Terhadap Kualitas Layanan Pada Pelayanan Sirkulasi Di Perpustakaan Umum Daerah Kota Padang

Martha, Adryzal (2023) Pengaruh Tanggapan Pemustaka Terhadap Kualitas Layanan Pada Pelayanan Sirkulasi Di Perpustakaan Umum Daerah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_ADRYZAL_MARTHA_19234058_1407.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perpustakaan merupakan tempat mengumpulkan informasi untuk meningkatkan, melatih pembaca serta meningkatkan kualitas pengajaran dan juga memberikan layanan informasi kepada masyarakat. Perpustakaan Umum Kota Padang memiliki layanan seperti layanan pencarian, layanan perpustakaan keliling dan layanan distribusi. Salah satu faktor yang mendukung perpustakaan untuk mencapai tujuan dan menjalankan fungsi perpustakaan dengan baik yaitu pelayanan pemustaka. Perpustakaan Umum kota Padang memiliki pelayanan yang kurang baik terhadap pemustaka. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggapan pemustaka terhadap kualitas layanan pada bagian layanan sirkulasi di perpustakaan umum kota Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif untuk menganalisis dan mendeskripsikan tanggapan pemustaka terhadap kualitas pada layanan sirkulasi di Perpustakaan Umum Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung perpustakaan umum Kota Padang dari bulan Desember 2021 – Februari 2022 sebanyak 2.124 pengunjung. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuesioner dengan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas layanan sirkulasi di perpustakaan umum kota Padang dan variabel bebasnya adalah tanggapan pemustaka. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tanggapan pemustaka terhadap kualitas layanan sirkulasi di perpustakaan kota Padang dikategorikan memuaskan atau baik. Setelah peneliti melihat hasil analisis dari masing-masing indikator yang ada pada 2 variabel yaitu tanggapan pemustaka dan kualitas layanan sirkulasi di perpustakaan umum kota padang, dapat diketahui bahwa hubungan antara 2 variabel tersebut signifikan dan positif. Artinya Sebagian besar dari responden menyatakan puas terhadap layanan sirkulasi di perpustakaan umum kota padang. Dalam hal ini dapat di nilai dari sikap, kesiapan, kemampuan, ketekunan, kepedulian, kesopanan, dan kedisiplinan dari pustakawan. Hasil skor rata-rata keseluruhan adalah 2,89. Skor ini terdapat pada skala 2,51 – 3,25. Artinya Perpustakaan Umum Kota Padang, dimana para pustakawan telah memberikan pelayanan yang terbaik terhadap pemustaka di perpustakaan tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNabila, JeihanUNSPECIFIED
CorrectorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Sirkulasi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:48
Last Modified: 14 Oct 2024 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54483

Actions (login required)

View Item View Item