Pengaruh Konsentrasi Suspensi Daun Kelengkeng (Dimocarpus longan L.) terhadap Pengendalian Penyakit Rebah Kecambah pada Kedelai yang Disebabkan oleh Sclerotium rolfsii Sacc.

Amalia, Irna (2024) Pengaruh Konsentrasi Suspensi Daun Kelengkeng (Dimocarpus longan L.) terhadap Pengendalian Penyakit Rebah Kecambah pada Kedelai yang Disebabkan oleh Sclerotium rolfsii Sacc. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_04_IRMA_AMALIAA_20032020_4408_2024.pdf

Download (708kB) | Preview

Abstract

Penyakit rebah kecambah (damping off) merupakah penyakit yang menyerang tanaman kedelai yang disebabkan oleh jamur Sclerotium rolfsii. Untuk pengendalian penyakit tersebut umumnya petani menggunakan fungisida sintetis. Penggunaan fungisida sintetis memiliki dampak negatif terhadap manusia dan lingkungan. Oleh karena itu perlu alternatif lain, yaitu penggunaan fungisida nabati. Fungisida nabati dapat digunakan karena memiliki senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid, saponin, tannin, dan minyak atsiri yang dapat berfungsi sebagai antifungi. Tanaman yang dapat digunakan adalah kelengkeng (Dimocarpus longan L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suspensi daun kelengkeng terhadap pengendalian penyakit rebah kecambah yang disebabkan oleh S. rolfsii dan efektivitas pengendalian penyakit dari suspensi daun kelengkeng penyakit rebah kecambah yang disebabkan oleh S. rolfsii. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan. Perlakuannya adalah suspensi daun kelengkeng dengan konsentrasi 0% sebagai kontrol, 70%, 80% 90%, dan 100% dengan masing-masing 4 ulangan. Data persentase damping off yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Data efektivitas pengendalian penyakit dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi suspensi daun kelengkeng berpengaruh terhadap pengendalian penyakit rebah kecambah pada kedelai yang disebabkan oleh S. rolfsii. Semua perlakuan berbeda nyata dengan kontrol. Kriteria efektivitas pengendalian penyakit dari suspensi daun kelengkeng terhadap penyakit rebah kecambah pada kedelai yang disebabkan oleh S. rolfsii pada konsentrasi 70% dan 80% adalah kurang mampu, pada konsentrasi 90% adalah cukup mampu, dan pada konsentrasi 100% adalah mampu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorChatri, MoralitaUNSPECIFIED
CorrectorAdvinda, LindaUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: damping off, Dimocarpus longan L., Sclerotium rolfsii, fungsisida nabati
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:10
Last Modified: 14 Oct 2024 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54474

Actions (login required)

View Item View Item