Pengaruh Sosialisasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Efektivitas Program E-Retribusi di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bukittinggi

Khairat, Miftahul (2024) Pengaruh Sosialisasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Efektivitas Program E-Retribusi di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_MIFTAHUL_KHAIRAT_20042231_4746_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang bahwa kurang efektifnya program e-retribusi pertokoan di Pasar Bawah Kota Bukittinggi. Hal ini dinyatakan dengan persentase realisasi retribusi pertokoan di Pasar Bawah pada tahun 2023 baru 69% yang membayar, sedangkan pada tahun 2022 yang membayar baru 77,14%, dan pada tahun 2021 yang membayar hanya 28,36%. Jadi rumusan masalahnya adalah (1) apakah terdapat pengaruh sosialisasi terhadap efektivitas program e-retribusi di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bukittinggi (2) apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap efektivitas program e-retribusi di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bukittinggi (3) apakah terdapat pengaruh sosialisasi dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap efektivitas program e-retribusi di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi dan kualitas pelayanan terhadap efektivitas program e-retribusi di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah para wajib retribusi pertokoan yang berada di pasar bawah yang berjumlah 560 orang dengan sampel penelitian sebanyak 233 responden yang ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat error 5%. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada para responden dengan skala likert. Penelitian ini menggunakan analisis uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sosialisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap efektivitas program e-retribusi di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bukittinggi dengan nilai Adjusted R Square sebesar 47,1% (2) kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap efektivitas program e-retribusi di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bukittinggi dengan nilai Adjusted R Square sebesar 41,1% (3) sosialisasi dan kualitas pelayanan secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap efektivitas program e-retribusi di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bukittinggi dengan nilai Adjusted R Square sebesar 53,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLanin, MiftahulUNSPECIFIED
CorrectorMubarak, AdilUNSPECIFIED
CorrectorMalau, HasbullahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KUALITAS PELAYANAN TERHADAP EFEKTIVITAS PROGRAM E-RETRIBUSI
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Oct 2024 09:36
Last Modified: 11 Oct 2024 09:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54461

Actions (login required)

View Item View Item