Khairat, Miftahul
(2024)
Pengaruh Sosialisasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Efektivitas
Program E-Retribusi di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota
Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang bahwa kurang efektifnya program
e-retribusi pertokoan di Pasar Bawah Kota Bukittinggi. Hal ini dinyatakan dengan
persentase realisasi retribusi pertokoan di Pasar Bawah pada tahun 2023 baru 69%
yang membayar, sedangkan pada tahun 2022 yang membayar baru 77,14%, dan pada
tahun 2021 yang membayar hanya 28,36%. Jadi rumusan masalahnya adalah (1)
apakah terdapat pengaruh sosialisasi terhadap efektivitas program e-retribusi di Dinas
Perdagangan dan Perindustrian Kota Bukittinggi (2) apakah terdapat pengaruh
kualitas pelayanan terhadap efektivitas program e-retribusi di Dinas Perdagangan dan
Perindustrian Kota Bukittinggi (3) apakah terdapat pengaruh sosialisasi dan kualitas
pelayanan secara simultan terhadap efektivitas program e-retribusi di Dinas
Perdagangan dan Perindustrian Kota Bukittinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi dan kualitas
pelayanan terhadap efektivitas program e-retribusi di Dinas Perdagangan dan
Perindustrian Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah para wajib retribusi pertokoan
yang berada di pasar bawah yang berjumlah 560 orang dengan sampel penelitian
sebanyak 233 responden yang ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat
error 5%. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive
random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
kuesioner yang dibagikan kepada para responden dengan skala likert. Penelitian ini
menggunakan analisis uji regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sosialisasi memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap efektivitas program e-retribusi di Dinas Perdagangan
dan Perindustrian Kota Bukittinggi dengan nilai Adjusted R Square sebesar 47,1% (2)
kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap efektivitas
program e-retribusi di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bukittinggi dengan
nilai Adjusted R Square sebesar 41,1% (3) sosialisasi dan kualitas pelayanan secara
simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap efektivitas program
e-retribusi di Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bukittinggi dengan nilai
Adjusted R Square sebesar 53,3%.
Actions (login required)
|
View Item |