Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Model Project Based Learning (PjBL) untuk Kelas VI Sekolah Dasar

Nasution, Sartika Rati Asmara (2016) Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Model Project Based Learning (PjBL) untuk Kelas VI Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_SARTIKA_RATI_ASMARA_NST_14124082_5638_2016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah kurangnya guru melibatkan siswa dalam pembelajaran, pembelajaran yang terima tidak mengajak siswa untuk berfikir kreatif dan menghubungkan secara konkret dengan kehidupan sehari-hari. Serta kurangnya pemahaman guru tentang pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan hasil pengembangan bahan ajar IPA berbasis model Project Based Learning (PjBL) yang valid, praktis dan efektif, (2) Mendeskripsikan hasil validitas bahan ajar IPA berbasis model Project Based Learning (PjBL) untuk kelas VI SD yang valid, (3) Mendeskripsikan hasil praktikalitas bahan ajar IPA berbasis model Project Based Learning (PjBL) untuk kelas VI SD yang praktis.Mendeskripsikan efektifitas bahan ajar IPA berbasis model model Project Based Learning (PjBL) yang efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: preliminary research, prototyping phase, dan assesment phase. Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar ajar yang telah divalidasi oleh pakar. Data kepraktisan didapatkan melalui lembar angket respons guru, angket respon siswa, serta wawancara yaang dilakukan terhadap guru dan siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Keefektifan dilihat dari aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa yang meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dari uji validitas menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 91%. Hasil uji praktikalitas bahan ajar dari angket guru dan siswa menunjukkan kategori sangat praktis dengan rata-rata nilai 83% dan 89%. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan, sudah efektif dengan nilai rata-rata aktivitas siswa 87%, hasil belajar kognitif dengan rata-rata 85, hasil belajar aspek afektif dengan rata-rata nilai 82%, dan hasil belajar aspek psikomotor dengan ratarata ketuntasan siswa mencapai 86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis model Project Based Learning yang dikembangkan pada pembelajaran IPA di kelas VI Sekolah Dasar dapat dikatakan Valid, Praktis, dan Efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFanda, FandaUNSPECIFIED
Thesis advisorGistituati, NurhizrahUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorHarun, MardiahUNSPECIFIED
CorrectorFirman, FirmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 11 Oct 2024 07:25
Last Modified: 11 Oct 2024 07:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54451

Actions (login required)

View Item View Item