Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Penguasaan Kosakata Lingkungan Terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMAN 1 Bengkalis Riau

Kusumawardani, Wulandari (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Penguasaan Kosakata Lingkungan Terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMAN 1 Bengkalis Riau. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_WULANDARI_KUSUMAWARDANI_20174039_702_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bengkalis, mendeskripsikan pengaruh penguasaan kosakata lingkungan terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bengkalis, dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan penguasaan kosakata lingkungan terhadap keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bengkalis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Instrumen pengumpulan data adalah tes penguasaan kosakata lingkungan dan keterampilan menulis teks negosiasi siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mempengaruhi hasil keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bengkalis. Pengaruh tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks negosiasi siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Kedua, keterampilan menulis teks negosiasi siswa dengan penguasaan kosakata lingkungan tinggi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik daripada siswa dengan penguasaan kosakata lingkungan tinggi yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Ketiga, keterampilan menulis teks negosiasi siswa dengan penguasaan kosakata lingkungan rendah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tidak jauh berbeda dengan siswa dengan penguasaan kosakata lingkungan rendah yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Keempat, terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan penguasaan kosakata lingkungan dalam mempengaruhi keterampilan menulis teks negosiasi siswa. Dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bengkalis Riau.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW, KOSAKATA LINGKUNGAN, KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Oct 2024 03:03
Last Modified: 11 Oct 2024 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54430

Actions (login required)

View Item View Item