Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kesulitan Belajar.

Eresti, Alya (2024) Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kesulitan Belajar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_5_ALYA_ERESTI_20006051_6358_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar didefenisikan sebagai suatu kondisi dimana siswa tidak dapat belajar dengan baik, karena adanya ancaman dan gangguan yang berasal dari faktor internal maupun dari faktor eksternal siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa adalah dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tingkat dukungan sosial teman sebaya siswa, (2) tingkat kesulitan belajar siswa, dan (3) menguji hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kesulitan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 626 siswa SMAN 1 Lubuk Basung yang terdaftar pada semester Januari-Juni tahun ajaran 2024 dengan sampel penelitian berjumlah 254 siswa yang dipilih dengan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah “Instrumen Penelitian Dukungan Sosial Teman Sebaya” dan “Instrumen Penelitian Kesulitan Belajar”. Data dianalisis dengan teknik deskriptif dan korelasional Pearson Product Momen. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) dukungan sosial teman sebaya siswa SMAN 1 Lubuk Basung berada pada kategori sedang, (2) kesulitan belajar siswa SMAN 1 Lubuk Basung berada pada kategori sedang, dan (3) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kesulitan belajar dengan koefisien korelasi sebesar -0,606 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 pada tingkatan hubungan yang kuat. Artinya, semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya, maka kesulitan belajar cenderung semakin rendah; sebaliknya semakin rendah dukungan sosial teman sebaya maka kesulitan belajar siswa cenderung lebih tinggi. Dukungan sosial yang nyaman akan menjadi lingkungan untuk berdiskusi bagi siswa mengenai kesulitan yang dialami sehingga kesulitan belajar siswa akan cenderung lebih rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorDaharnis, DaharnisUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DUKUNGAN SOSIAL, TEMAN SEBAYA, KESULITAN BELAJAR
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Oct 2024 01:07
Last Modified: 11 Oct 2024 01:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54425

Actions (login required)

View Item View Item