Perbedaan Interaksi Sosial Mahasiswa PNF antara yang Mengikuti dengan yang tidak Mengikuti Organisasi Kemahasiswaan di Universitas Negeri Padang.

Rahmatullah, Alfitri (2024) Perbedaan Interaksi Sosial Mahasiswa PNF antara yang Mengikuti dengan yang tidak Mengikuti Organisasi Kemahasiswaan di Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_4_ALFITRI_RAHMATULLAH_20005003_6240_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keikutsertaan dan tidak ikut serta mahasiswa PNF dalam organisasi kemahasiswaan di Universitas Negeri Padang. Hal ini diduga karena adanya perbedaan interaksi sosial mahasiswa PNF antara yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti organisasi kemahasiswaan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menggambarkan interaksi sosial mahasiswa PNF yang mengikuti organisasi kemahasiswaan, (2) menggambarkan interaksi sosial mahasiswa PNF yang tidak mengikuti organisasi kemahasiswaan, (3) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan interaksi sosial mahasiswa PNF antara yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti organisasi kemahasiswaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PNF tahun masuk 2021 dan 2022 dengan jumlah populasi 180 orang mahasiswa dan sampel dalam penelitian ini mahasiswa yang mengikuti organisasi kemahasiswaan sejumlah 28 orang dan mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi kemahasiswaan sejumlah 36 orang. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t (independent sample t-test). Hasil penelitian ini yakni: (1) interaksi sosial mahasiswa yang mengikuti organisasi kemahasiswaan dikategorikan sangat bagus, (2) interaksi sosial mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi kemahasiswaan dikategorikan sedang, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan interaksi sosial mahasiswa PNF antara yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti organisasi kemahasiswaan di Universitas Negeri Padang. Diharapkan kepada mahasiswa selalu mendukung dan mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan sebagai bentuk Pendidikan Non Formal di lingkungan kampus sehingga akan membentuk interaksi sosial yang sangat tinggi pada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
CorrectorWisroni, WisroniUNSPECIFIED
CorrectorAzizah, ZahratulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: INTERAKSI SOSIAL, ORGANISASI, MAHASISWAAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Oct 2024 06:39
Last Modified: 10 Oct 2024 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54416

Actions (login required)

View Item View Item