Pemanfaatan Sistem Informasi Geografi untuk Pemetaan Kawasan Produksi Komoditas Unggulan Tanaman Buah-buahan Tahunan di KabupatenTanah Datar

Wulandari, Dina (2024) Pemanfaatan Sistem Informasi Geografi untuk Pemetaan Kawasan Produksi Komoditas Unggulan Tanaman Buah-buahan Tahunan di KabupatenTanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_DINA_WULANDARI_20136039_5233_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui komoditas unggulan tanaman buah-buahan di Kabupaten Tanah Datar. (2) Memetakan kawasan produksi komoditas unggulan tanaman buah-buahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan produk unggulan ditentukan berdasarkan analisis Indeks Location Quotient (LQ), sedangkan pemetaan kawasan produksi komoditas unggulan dilakukan menggunakan analisis Hot Spot Getis-Ord Gi* pada unit kecamatan. Hasil penelitian menunjukan diketahui bahwa komoditas unggulan tanaman buah-buahan di Kabupaten Tanah Datar adalah alpukat. Dari hasil analisis Hot Spot Getis-Ord Gi* menunjukan bahwa lokasi kawasan unggulan yang tersebar secara spasial berdasarkan nilai produksi paling banyak dari pada kecamatan lainnya secara spasial yaitu terdapat pada Kecamatan Lintau Buo dengan komoditas belimbing, komoditas duku, komoditas jeruk lemon, komoditas lengkeng, komoditas mangga, dan komoditas nanas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarief, AzhariUNSPECIFIED
CorrectorFebriandi, FebriandiUNSPECIFIED
CorrectorPrarikeslan, WidyaUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:09
Last Modified: 09 Oct 2024 03:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54390

Actions (login required)

View Item View Item