Penerapan Project Based Learning dengan Pendekatan GeoSMART Berbantuan Google Earth untuk Mengembangkan Spatial Thinking

Hade, Fajri Ananda (2024) Penerapan Project Based Learning dengan Pendekatan GeoSMART Berbantuan Google Earth untuk Mengembangkan Spatial Thinking. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_FAJRI_ANANDA_HADE_19045012_5983_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui penerapan model Project Based Learning dengan pendekatan GeoSMART berbantuan Google Earth terhadap Spatial Thinking siswa kelas XI di SMA N 1 Solok dan 2). Tingkat kemampuan spatial thinking siswa kelas XI SMAN 1 Solok. PjBL berfokus pada pembelajaran berbasis proyek yang mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran yang relevan dengan konteks geografis menggunakan Google Earth pendekatan teknologi. Spatial Thinking merupakan kemampuan dalam memahami hubungan antara objek dengan fenomena geografis. Penelitian ini berjenis kuantitatif menggunakan eksperimen semu (Quasi Experimental) melalui pendekatan Non-Equivalent Control Group Design yang populasi dan sampel penelitiannya tidak dipilih secara acak dan mempertimbangkan hal tertentu. Sampel yang dipilih yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui pretest dan posttest dengan jenis soal multiple choice test (pilihan ganda) dengan jumlah instrumen sebanyak 27 soal. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis melalui uji t dan N-Gain untuk melihat penerapan project based learning dan klasifikasi kemampuan spatial thinking. Berdasarkan hasil penelitian dari penerapan project based learning dengan pendekatan GeoSMART berbantuan Googke Earth, sintak yang menonjol yaitu pada tahapan memonitor kegiatan dan kemajuan proyek. Perolehan rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 80.02 dan rata-rata pada kelas kontrol 67.86 dengan klasifikasi kemampuan spatial thinking kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan kategori sedang. Uji Hipotesis t pada didapatkan nilai t-hitung kelas eksperimen sebesar 10,751 lebih besar dari nilai t-hitung kelas kontrol sebesar 5,900. Pada uji N-Gain skor kelas eksperimen memperoleh Gain skor sebesar 0.62 dengan efektivitas sebesar 62% dengan kategori sedang yang efektif dan kelas kontrol memperoleh N-Gain skor sebesar 0.38 dengan kategori sedang yang kurang efektif. Dari hasil uji hipotesis yang diperoleh, penerapan Project Based Learning dengan bantuan Google Earth efektif diterapkan untuk mengembangkan Spatial Thinking siswa kelas XI di SMA N 1 Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorMariya, SriUNSPECIFIED
CorrectorNova, SariUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:58
Last Modified: 09 Oct 2024 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54384

Actions (login required)

View Item View Item