Hade, Fajri Ananda
(2024)
Penerapan Project Based Learning dengan
Pendekatan GeoSMART Berbantuan Google Earth untuk
Mengembangkan Spatial Thinking.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui penerapan model Project
Based Learning dengan pendekatan GeoSMART berbantuan Google Earth
terhadap Spatial Thinking siswa kelas XI di SMA N 1 Solok dan 2). Tingkat
kemampuan spatial thinking siswa kelas XI SMAN 1 Solok. PjBL berfokus pada
pembelajaran berbasis proyek yang mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam
pembelajaran yang relevan dengan konteks geografis menggunakan Google Earth
pendekatan teknologi. Spatial Thinking merupakan kemampuan dalam memahami
hubungan antara objek dengan fenomena geografis.
Penelitian ini berjenis kuantitatif menggunakan eksperimen semu (Quasi
Experimental) melalui pendekatan Non-Equivalent Control Group Design yang
populasi dan sampel penelitiannya tidak dipilih secara acak dan
mempertimbangkan hal tertentu. Sampel yang dipilih yaitu kelas XI IPS 1 sebagai
kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang dan XI IPS 3 sebagai
kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui pretest dan posttest dengan jenis
soal multiple choice test (pilihan ganda) dengan jumlah instrumen sebanyak 27 soal.
Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis melalui uji t dan N-Gain untuk
melihat penerapan project based learning dan klasifikasi kemampuan spatial
thinking.
Berdasarkan hasil penelitian dari penerapan project based learning dengan
pendekatan GeoSMART berbantuan Googke Earth, sintak yang menonjol yaitu
pada tahapan memonitor kegiatan dan kemajuan proyek. Perolehan rata-rata pada
kelas eksperimen sebesar 80.02 dan rata-rata pada kelas kontrol 67.86 dengan
klasifikasi kemampuan spatial thinking kelas eksperimen lebih tinggi dari pada
kelas kontrol dengan kategori sedang. Uji Hipotesis t pada didapatkan nilai t-hitung
kelas eksperimen sebesar 10,751 lebih besar dari nilai t-hitung kelas kontrol sebesar
5,900. Pada uji N-Gain skor kelas eksperimen memperoleh Gain skor sebesar 0.62
dengan efektivitas sebesar 62% dengan kategori sedang yang efektif dan kelas
kontrol memperoleh N-Gain skor sebesar 0.38 dengan kategori sedang yang kurang
efektif. Dari hasil uji hipotesis yang diperoleh, penerapan Project Based Learning
dengan bantuan Google Earth efektif diterapkan untuk mengembangkan Spatial
Thinking siswa kelas XI di SMA N 1 Solok.
Actions (login required)
|
View Item |