Atika, A
(2022)
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis
Siswa Pada Materi Ketimpangan Sosial melalui
Model Pembelajaran Problem Based Learning di
Kelas XII-IPS 2 SMA Pertiwi 1 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang terdapat pada siswa di
kelas XII-IPS 2 SMA Pertiwi 1 Padang. Tujuan penelitian ini untuk
mengupayakan dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir analisis siswa
melalui model pembelajaran problem based learning dalam proses pembelajaran
sosiologi pada materi ketimpangan sosial di kelas XII-IPS 2 SMA Pertiwi 1
Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berisi alur
penelitian meliputi empat tahapan yang akan membentuk siklus yaitu dimulai dari
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini
berlangsung dalam 2 siklus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teori konstruktivisme. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII-IPS 2 SMA
Pertiwi 1 Padang yang berjumlah 33 siswa. Data kemampuan berpikir analisis
siswa diperoleh melalui tes dan non tes, tes dilakukan dengan menggunakan
lembar kerja siswa atau lembar diskusi dan lembar evaluasi sedangkan non tes
dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa sebagai
pendukung. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa nilai ratarata
kemampuan berpikir analisis siswa pada tindakan siklus I mencapai 76
dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 61%. Setelah tindakan siklus II nilai
rata-rata meningkat menjadi 79 dengan ketuntasan belajar klasikal 81%. Selain
itu, aktivitas siswa dalam pembelajaran pada tindakan siklus I mencapai 71,78%
dengan kriteria baik. Pada siklus II aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat
menjadi 80,71% dengan kriteria sangat baik. Dari hasil analisis data penelitian
dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning
telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa dalam
proses pembelajaran sehingga akan berpengaruh pada hasil belajar siswa yang
meningkat pula.
Actions (login required)
|
View Item |