Salsabila, Bunga
(2024)
Self-efficacy Akademik Mahasiswa Berprestasi
yang Kuliah Sambil Bekerja (Studi Kasus: Mahasiswa
Departemen Sosiologi Universitas Negeri Padang).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini berfokus pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana menerapkan self-efficacy
akademik mahasiswa dalam menyelesaikan kuliah dan bekerja. Penelitian ini
dianalisis menggunakan teori Interaksionisme Simbolik oleh Mead. Penelitian
ini dilakukan di Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri
Padang di Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, kec Padang Utara Kota Padang
Sumatera Barat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi
kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan informan pada penelitian ini dengan
cara purposive sampling dengan informan sebanyak 12 mahasiswa dengan
kriteria-kriteria informan seperti Mahasiswa Departemen Sosiologi angkatan
2020, 2021, 2022 yang bekerja, memiliki self-efficacy yang baik, berprestasi di
dalam dan luar kampus, 4 dosen dan 6 teman atau rekan kerja, sehingga dapat
digunakan untuk mencapai tujuan dalam penelitian.
Analisis data dilakukan dengan model yang dikembangkan oleh Miles
dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan hasil penelitian ini
menunjukan bahwa mahasiswa dapat self-efficacy pada diri mereka karena
mereka yakin untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu baik di perkuliahan
maupun di pekerjaan, mereka dapat mengatur waktu, dapat memprioritaskan
yang lebih penting walaupun mereka menghadapi tantangan, rintangan yang
berbeda-beda mereka mampu mengatasi untuk bisa melewatkan tantangan yang
ada perkuliahan dan di pekerjaan.
Actions (login required)
|
View Item |