Prima, Ossy Ana (2023) Inovasi Multimedia Interaktif dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Sosiologi Kelas XI IPS 5 di SMAN 1 Pasaman. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_04_OSSY_ANA_PRIMA_20161034_177_2023.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik menggunakan multimedia interaktif kelas xi ips 5 SMAN 1 Pasaman. Kreativitas belajar yang dimaksud dalam penelitian ini, yaitu kemampuan peserta didik untuk bisa memecahkan suatu masalah dan bisa menghasilkan suatu karya kreatif. Kelas XI IPS 5 terdiri dari 34 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana guru sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan peneliti sebagai pengamat. Pada siswa kelas XI IPS 5 SMAN 1 Pasaman. Tahap pra tindakan, menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas XI IPS 5 pada mata pelajaran IPS tergolong rendah. Nilai rata-rata kelas mencapai 62,74 sedangkan ketuntasan belajar sebesar 8,82 %. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 70,58% (kondisi awal 8,82% meningkat menjadi 70,58%). Pada siklus II, dengan adanya perbaikan dan modifikasi multimedia pembelajaran, disertai manajemen pembentukan kelompok dan pemberian reward, prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 88, 23 % (kondisi siklus I 70,58 % meningkat menjadi 88,23 %). Prestasi belajar pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan karena dari ≤75% siswa sudah mencapai KKM.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
||||||||||||
Divisions: | Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2 | ||||||||||||
Depositing User: | Fitri Yelli | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Oct 2024 08:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Oct 2024 08:18 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54366 |
Actions (login required)
View Item |