Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Problem Based Learning Berbantuan Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII

Putra, Rafi (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Problem Based Learning Berbantuan Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_RAFI_PUTRA_19205050_714_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis model problem based learning berbantuan adroid untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang valid, praktis, dan efektif. Hal ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP dari penelitian yang dilakukan sebelumnya. Prosedur penelitian berpedoman pada desain pengembangan Plomp. Model pengembangan yang diteliti oleh Plomp yaitu fase investigasi awal, fase pengembangan atau pembuatan prototype, dan fase penelitian. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 2 Bonjol. Instrumen pengumpulan data berupa instrumen fase investigasi awal dengan pedoman wawancara, angket pendapat siswa, lembar tes siswa. Instrumen untuk uji validitas. Instrumen untuk uji kepraktisan. Instrumen untuk uji efektivitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penilaian dari aspek materi oleh pendidikan matematika sebesar 86,67%, untuk ahli bahasa sebesar 93,75%, dan untuk ahli teknologi pendidikan sebesar 80%. Sehingga memperoleh skor nilai rata-rata 86,81% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil uji kepraktisan bahan ajar oleh guru dan siswa mendapatkan skor rata-rata sebesar 86,78% dengan skor ini termasuk dalam kriteria sangat praktis. Skor yang diperoleh dari uji kepraktisan guru sebesar 85% dan uji kepraktisan siswa sebesar 88,57%. Sedangkan hasil uji efektivitas bahan ajar berbasis problem based learning dengan memberikan tes pemecahan masalah diperoleh 86,78% siswa yang memenuhi ketuntasan, hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis problem based learning berbantuan android sudah efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis model problem based learning berbantuan android untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sudah valid, praktis dan efektif untuk kelas VIII SMPN 2 Bonjol.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorI Made, ArnawaUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DoniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR, MODEL PROBLEM BASED LEARNING, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Oct 2024 08:53
Last Modified: 07 Oct 2024 08:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54362

Actions (login required)

View Item View Item