Pengaruh Literasi Digital dan Student Engagement terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 14 Padang.

Putra, Panji Septia (2024) Pengaruh Literasi Digital dan Student Engagement terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 14 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_1_PANJI_SEPTIA_PUTRA_18053018_6150_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Studi ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara literasi digital dan Student Engagement terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 14 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Padang. Sampel pada penelitian ini diukur dengan menggunakan rumus Slovin, sedangkan teknik pengambilan sampel dilakaukan dengan cara angket atau kuisioner. dan diperoleh sampel sebanyak 197 orang siswa. Untuk menguji penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis data melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) literasi digital berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, 2) Student Engagement tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, 3) literasi digital dan Student Engagement berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Berdasarkan penelitian ini, disarankan kepada siswa agar meningkatkan literasi digital untuk menambah wawasan ilmu pengetahuannya dan meningkatkan student engagement.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarwan, MarwanUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, ElviUNSPECIFIED
CorrectorArita, SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LITERASI DIGITAL, STUDENT ENGAGEMENT, HASIL BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Oct 2024 00:41
Last Modified: 07 Oct 2024 00:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54352

Actions (login required)

View Item View Item