Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja Guru SMK Negeri Kota Padang

Kurnianda, M Arif (2023) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja Guru SMK Negeri Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_MUHAMMAD_ARIF_KURNIANDA_21147020_623_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra survey di lapangan tergambar bahwa disiplin kerja guru SMK Negeri Kota Padang masih kurang baik. Hal ini diduga ada kaitannya dengan kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja yang dimiliki oleh guru. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap disiplin kerja guru SMK Negeri Kota Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap disiplin kerja guru, (2) motivasi kerja berkontribusi terhadap disiplin kerja guru, (3) kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap disiplin kerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK Negeri di Kota Padang yang berjumlah 277 orang. Sampel penelitian berjumlah 78 orang yang diambil dengan teknik Stratified proportional Random Sampling, dengan mempertimbangkan strata masa kerja. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala penilaian dan angket model Skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji validitas didapatkan 3 butir item yang gugur yaitu pada variabel Y ada dua butir nomor 12 dan 33 sedangkan pada variabel X1 1 butir yang gugur yaitu nomor 28. Selanjutnya data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap disiplin kerja guru sebesar 28%, (2) motivasi kerja berkontribusi terhadap disiplin kerja guru sebesar 22,7%, (3) kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap disiplin kerja guru sebesar 47,3%. Tingkat capaian skor disiplin kerja guru 91,34% berada pada kategori sangat tinggi, dan untuk kepemimpinan kepala sekolah 88,14% berada pada kategori baik sedangkan untuk motivasi kerja guru 87,27 dari skor ideal berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelitawati, NelitawatiUNSPECIFIED
CorrectorSulastri, SulastriUNSPECIFIED
CorrectorSufyarman, SufyarmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA GURU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA GURU
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Oct 2024 02:45
Last Modified: 01 Oct 2024 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54290

Actions (login required)

View Item View Item