Pengembangan Self Assessment Berbasis Aplikasi untuk Evaluasi Senam Dasar Peserta Didik Sekolah Dasar

Martalena, Martalena (2023) Pengembangan Self Assessment Berbasis Aplikasi untuk Evaluasi Senam Dasar Peserta Didik Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_MARTALENA_21199038_833_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum adanya media evaluasi senam dasar berbasis aplikasi untuk peserta didik sekolah dasar yang dirancang mengikuti perkembangan digital di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat media evaluasi senam dasar berbasis aplikasi untuk peserta didik sekolah dasar menggunakan android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain model ADDIE. Tahapan yang dilakukan adalah mencari potensi Analisys, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik Sekolah Dasar 2 Tanjung Gadang, Sekolah Dasar 15 Teratak Baru dan Sekolah Dasar 5 Pulasan, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat serta sebagai validator adalah enam orang ahli yaitu tiga orang ahli Evaluasi dan Tes Pengukuran, tiga orang Ahli Media. Media yang diberi nama “aplikasi self assessment senam dasar” digunakan sebagai media evaluasi dan belajar senam dasar bagi peserta didik dimana hasil dari evaluasi gerakan senam dasar yang dilakukan peserta didik langsung direkam dalam aplikasi dan dapat ditampilkan dari android. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data terhadap data hasil penelitian yang telah dilakukan, mengenai pengembangan self assessment berbasis aplikasi untuk evaluasi senam dasar diperoleh kesimpulan bahwa nama media aplikasi self assessment senam dasar yang berfungsi sebagai media unttuk mengevaluasi senam dasar pada peserta didik sekolah dasar dengan tingkat validasi menurut para ahli rata-rata 83,8% sehingga media dapat dikatakan layak. Kemudian tingkat realibilitas hingga 0.982 pada uji coba kelompok kecil dan 0,974 pada uji coba kelompok besar, sehingga media dikatakan reliabel dalam mengevaluasi senam dasar berbasis aplikasi self assessment. Dari hasil validasi oleh para ahli nilai kepraktisitasnya diperoleh persentase sebesar 87,7%. Kemudian nilai efektivitasnya, maka diperoleh presentase sebesar 78,3%. Media memiliki beberapa keunggulan terutama dipergunakan bagi peserta didik untuk mengevaluasi kemampuannya dalam melakukan senam dasar, serta media yang berbasis aplikasi yang dapat digunakan pada android. Dengan demikian, dapat disimpulkan aplikasi self assessment senam dasar baik digunakan sebagai media evaluasi senam dasar untuk peserta didik sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: SELF ASSESSMENT; SENAM DASAR
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Oct 2024 02:45
Last Modified: 01 Oct 2024 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54288

Actions (login required)

View Item View Item