Jannah, Riza Bill
(2024)
Pengaruh Kualitas Pelayanan Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Tamu Kegiatan MICE di Pangeran Beach Hotel Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan dari riset yang dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana kepuasan tamu yang mengikuti kegiatan MICE di Pangeran Beach Hotel Padang dipengaruhi oleh kualitas layanan dan fasilitas yang ditawarkan. Dalam analisis ini memakai pendekatan asosiatif kausal dengan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui komunikasi tidak langsung dengan menyebarkan kuesioner melalui formulir Google Forms dengan skala Likert kepada peserta kegiatan MICE. Selanjutnya, data diolah menggunakan program SPSS. Penelitian ini melibatkan orang-orang yang telah mengikuti kegiatan MICE di Pangeran Beach Hotel Padang dari Januari hingga Juni 2024. Sampel berjumlah 130 orang, dan semua peserta berusia minimal 18 tahun. Pada riset ini memperlihatkan bahwa kualitas pelayanan termasuk tingkatan baik adalah 4,03, fasilitas dalam kategori baik adalah 4,13, dan kepuasan tamu dalam kategori baik adalah 4,15%. Dengan nilai F hitung 129.962 dan mutu R square sebesar 0,672, ditemukan bahwa variabel X memiliki pengaruh signifikan pada variabel Y sejumlah 67,2%. Untuk variabel pelayanan, didapati mutu koefisien regresi sebanyak 0,525 dengan perolehan 0,000–0,05, yang berarti bahwa tiap terjadi peningkatan pelayanan akan meningkatkan kepuasan tamu sejumlah 0,525 satuan kepuasan. Untuk variabel fasilitas, ditemukan nilai koefisien regresi sejumlah 0, 561 dengan perolehan 0,00.
Actions (login required)
|
View Item |