Pengembangan Assessment Autentik Didasarkan LKPD Fisika Terintegrasi Literasi Digital untuk Menilai Keterampilan Abad Ke-21 Peserta Didik SMA

Afriana, Imelda (2023) Pengembangan Assessment Autentik Didasarkan LKPD Fisika Terintegrasi Literasi Digital untuk Menilai Keterampilan Abad Ke-21 Peserta Didik SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_IMELDA_AFRIANA_18175049_189_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Instrumen penilaian yang tidak autentik dan belum mampu mengukur keterampilan abad ke-21 menjadi permasalahan utama kurang maksimalnya penilaian sebagai alat ukur hasil belajar. Selain itu proses pembelajaran yang belum berbasis berpikir tingkat tinggi menjadikan hasil belajar yang diperoleh belum optimal. Salah satu inovasi dalam menghadapi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan penilaian autentik didasarkan LKPD terintegrasi literasi digital yang dapat membantu pendidik dalam mengukur hasil belajar, penuntun pembelajaran yang autentik, serta meningkatkan keterampilan abad ke-21 peserta didik. Produk dikembangkan menggunakan model ADDIE, terdiri dari analyze, design, develop, implementation, dan evaluate. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh bahwa hasil validasi internal dan eksternal pada instrumen dan produk termasuk dalam kategori valid, sedangkan hasil reliabilitas assessment pengetahuan dan termasuk dalam kategori reliabel. selanjutnya adalah efektivitas produk assessment pengetahuan dan sikap termasuk dalam kategori kurang baik dan cukup, serta objektivitas assessment pengetahuan termasuk dalam kategori objektif. Hasil analisis keterampilan abad ke-21 diperoleh bahwa critical thinking and problem solving skills peserta didik termasuk dalam kategori tidak tinggi, sedangkan collaboration skills dan communication skills termasuk dalam kategori cukup tinggi. sehingga dapat disimpulkan bahwa assessment autentik didasarkan LKPD terintegrasi literasi digital dapat digunakan untuk menilai keterampilan abad ke-21 peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFestiyed, FestiyedUNSPECIFIED
CorrectorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ASSESSMENT AUTENTIK, LITERASI DIGITAL, MENILAI KETERAMPILAN
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2024 08:02
Last Modified: 27 Sep 2024 08:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54251

Actions (login required)

View Item View Item