Pengaruh Penerapan LKS Virtual Laboratory dalam Pembelajaran Konstruktivisme terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI SMAN 15 Padang

Yanti, Yuri (2019) Pengaruh Penerapan LKS Virtual Laboratory dalam Pembelajaran Konstruktivisme terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI SMAN 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_YURI_YANTI_15033051_97_2019.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pencapaian kompetensi siswa di SMA masih belum optimal. Hal ini disebabkan oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran, guru jarang mengaitkan materi yang dipelajari dengan materi sebelumnya sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Untuk itu digunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme yang dibantu dengan LKS virtual laboratory. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pencapaian kompetensi fisika siswa melalui pendekatan pembelajaran konstruktivisme dan LKS virtual laboratory kelas XI SMAN 15 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu “(Quasi Experiment Research)” dengan rancangan “faktorial design 2x2”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 15 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian berupa lembaran observasi untuk kompetensi sikap, tes akhir untuk kompetensi pengetahuan, dan unjuk kerja untuk kompetensi keterampilan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis grafik untuk kompetensi sikap, analisis varians dua arah untuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil penelitian untuk masing-masing kompetensi: 1) Kompetensi sikap menunjukkan nilai rata- rata kompetensi sikap kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, 2) hipotesis kerja tantang terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan dan keterampilan siswa antara kelas menggunakan LKS virtual laboratory dan LKS real dalam pendekatan pembelajaran konstruktivisme diterima pada taraf nyata signifikan 0,05. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh berarti penerapan LKS virtual laboratory dalam pembelajaran konstruktivisme terhadap kompetensi Fisika siswa kelas XI MIA SMAN 15 Padang pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasril, MasrilUNSPECIFIED
CorrectorAnshari, RioUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Virtual Laboratory; Konstruktivisme; Kompetensi Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Sep 2024 00:38
Last Modified: 27 Sep 2024 00:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54234

Actions (login required)

View Item View Item