Pengaruh Bahan Ajar Fisika Terintegrasi Konten Kecerdasan Emosional Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 13 Padang

Laili, Yudia (2019) Pengaruh Bahan Ajar Fisika Terintegrasi Konten Kecerdasan Emosional Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_YUDIA_15033134_1759_2019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pencapaian kompetensi peserta didik di SMAN 13 Padang masih dikategorikan rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti penggunaan model pembelajaran yang belum variatif, bahan ajar belum terintegrasi nilai karakter sesuai kurikulum 2013, penilaian kompetensi sikap masih bersifat umum, dan belum terdapat nilai-nilai sikap emosional yang dikembangkan dari materi fisika. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar fisika terintegrasi konten kecerdasan emosional menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 13 padang. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu (quasi eksperimen research) dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpul data berupa tes tertulis post-test untuk kompetensi pengetahuan dan lembar observasi untuk kompetensi sikap terintegrasi konten kecerdasan emosional serta lembar unjuk kerja untuk kompetensi keterampilan. Teknik analisis data menggunakan deskripsi grafik dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil analisis data kedua kelas sampel terdistribusi normal dan homogen dengan taraf nyata 0,05 maka digunakan uji t dengan t tabel = 1,99. Rata –rata kompetensi sikap kelas eksperimen 87,08 dan kelas kontrol 79,53 dengan statistik t hitung =5,59, rata-rata kompetensi pengetahuan kelas eksperimen 89,91 dan kelas kontrol 74,26 dengan statistik t hitung = 7,75, rata-rata kompetensi keterampilan kelas eksperimen 74,78 dan kelas kontrol 69,19 dengan statistik t hitung =2,43. Dari uji t, diperoleh t hitung > t tabel sehingga H o di tolak dan H i diterima, Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang dicapai peserta didik kelas X SMAN 13 Padang akibat pengaruh penggunaan bahan ajar fisika terintegrasi konten kecerdasan emosional menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKamus, ZulhendriUNSPECIFIED
CorrectorMasril, MasrilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional; Inkuiri Terbimbing
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Sep 2024 00:38
Last Modified: 27 Sep 2024 00:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54232

Actions (login required)

View Item View Item