Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Konstruktivis dalam Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Momentum dan Getaran Harmonik Sederhana untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA

Johan, Widya Oktavia (2019) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Konstruktivis dalam Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Momentum dan Getaran Harmonik Sederhana untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_WIDYA_OKTAVIA_JOHAN_14033042_61_2019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 berorientasi kepada siswa untuk lebih aktif dan mampu menemukan sendiri materi atau konsep yang dipelajari di sekolah agar siswa terlatih dalam mengembangkan pengetahuan yang mereka miliki. Kenyataan dalam pelaksanaannya pembelajaran fisika di SMAN 14 Padang belum optimal. Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat membuat siswa belum mampu mengembangkan kemampuan berpikirnya. Keterbatasan bahan ajar juga membuat siswa kesulitan dalam mengikuti pembelajaran sehingga kemampuan berpikir kreatif siswa rendah. Sebuah bahan ajar berbasis konstruktivis dalam pembelajaran inkuiri menjadi solusi dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan nilai validitas, praktikalitas dan efektivitas bahan ajar fisika berbasis konstruktivis dalam pembelajaran inkuiri dan RPP pada materi pelajaran momentum dan getaran harmonik sederhana. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Research and Development (R&D). Objek dari penelitian adalah perangkat pembelajaran fisika berbasis konstruktivis dalam pembelajaran inkuiri. Perangkat pembelajaran fisika diuji cobakan kepada siswa SMAN 14 Padang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji validitas, analisis uji praktikalitas, dan analisis uji efektivitas dengan menggunakan uji-t berkorelasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh tiga hasil penelitian. Pertama, perangkat pembelajaran fisika berbasis inkuiri pada RPP memiliki validitas sebesar 89 dan pada bahan ajar memiliki validitas sebesar 82,3 keduanya dengan kategori valid. Kedua, rata rata nilai praktikalitas bahan ajar fisika oleh guru dan siswa sebesar 86,7 dan 78,57 keduanya dengan kategori praktis. Sedangkan hasil praktikalitas terhadap RPP yang dilakukan guru memperoleh rata rata sebesar 93 dengan kategori sangat praktis. Ketiga, pada uji efektivitas diperoleh nilai t hitung sebesar -16,38, sedangkan nilai t sebesar 1,691, nilai t hitung lebih kecil daripada t , sehingga penggunaan bahan ajar fisika berbasis konstruktivis dalam pembelajaran inkuiri pada materi pelajaran momentum dan getaran harmonik sederhana untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Momentum; Getaran Harmonik
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Sep 2024 00:37
Last Modified: 27 Sep 2024 00:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54231

Actions (login required)

View Item View Item