Pengaruh Penggunaan LKPD Virtual Laboratory dengan Model Kooperatif Tipe SFE (Student Facilitator and Explaining) di SMAN 12 Padang

Nurman, Wahyuni Hafnisyah (2019) Pengaruh Penggunaan LKPD Virtual Laboratory dengan Model Kooperatif Tipe SFE (Student Facilitator and Explaining) di SMAN 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_WAHYUNI_HAFNISYAH_NURMAN_15033020_974_2019.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran fisika, kompetensi belajar peserta didik masih rendah. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 12 Padang menunjukkan hal ini disebabkan karena pelaksanaan kegiatan praktikum dan juga penggunaan LKPD yang belum maksimal. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) virtual laboratory dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pendukung kegiatan praktikum. LKPD yang digunakan pada penelitian adalah LKPD yang sudah dikembangkan oleh Masril (2018) yang telah teruji valid dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh LKPD virtual laboratory dengan model kooperatif tipe SFE terhadap pencapaian kompetensi fisika peserta didik di kelas XI SMAN 12 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (Quasi Experiment Research) dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 12 Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling diperoleh kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah anggota sampel yang sama yaitu 36 peserta didik. Data penelitian ini meliputi data kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi sikap untuk kompetensi sikap, tes tulis berupa tes akhir atau posttest untuk kompetensi pengetahuan, dan lembar unjuk kerja untuk kompetensi keterampilan. Setelah dilakukan penelitian dan dilanjutkan dengan menganalisis data diperoleh nilai rata-rata kompetensi sikap kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Pada kompetensi pengetahuan setelah dilakukan tes diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,82 sedangkan rata-rata kelas kontrol sebesar 74,38. Pada pencapaian kompetensi keterampilan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 79,72 sedangkan rata-rata kelas kontrol sebesar 75,41. Hasil analisis korelasi product moment pada kompetensi pengetahuan diperoleh 67,86% dan kompetensi keterampilan 58,62%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti pada penggunaan LKPD virtual laboratory dengan model kooperatif tipe SFE terhadap pencapaian kompetensi fisika peserta didik di SMAN 12 Padang pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasril, MasrilUNSPECIFIED
CorrectorHamdi, HamdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD; Virtual Laboratory; Kooperatif Tipe SFE
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Sep 2024 00:36
Last Modified: 27 Sep 2024 00:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54230

Actions (login required)

View Item View Item