Efektivitas Penggunaan Modul Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Eksperimen dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA

Hidayat, Taufik (2019) Efektivitas Penggunaan Modul Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Eksperimen dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_TAUFIK_HIDAYAT_14035098_644_2019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Laju reaksi merupakan salah satu materi kimia yang bersifat faktual, konseptual dan prosedural. Salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran ini adalah metode eksperimen yang terintegrasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas modul laju laju reaksi berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi eksperimen dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN 7 Padang. Efektivitas diuji untuk mengetahui modul layak atau tidak digunakan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 6 dan MIPA 7. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa.. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) berupa 20 soal objektif sesuai dengan tujuan pembelajaran. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa subjek terdistribusi normal dan homogen sehingga dapat dilakukan uji-t, diperoleh nilai t ≥ t tabel yaitu 4.432 > 1.66901 maka tolak H . Artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol secara signifikan. Hal ini juga didukung oleh nilai N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,73 dengan kategori tinggi. Berdasarkan analisis data menunjukkan modul laju laju reaksi berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi eksperimen dan keterampilan proses sains terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dengan kategori tinggi. 0

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorBayharti, BayhartiUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Modul, Inkuiri Terbimbing, Terintegrasi Eksperimen; Keterampilan Proses Sains; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Sep 2024 00:35
Last Modified: 27 Sep 2024 00:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54228

Actions (login required)

View Item View Item